Rapid Test, 25 Anggota DPRD Kaur Non Reaktif

IRUL/BE
RAPID TEST: Para Anggota DPRD Kaur saat melakukan rapid test yang dilakukan oleh petugas Dinkes Kaur di ruang DPRD Kaur, Senin (18/5).

BINTUHAN, Bengkuluekspress.com – Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaur dan pegawai sekretariat DPRD, menjalani rapid test oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur, kemarin (18/5). Hal ini guna memastikan apakah mereka terpapar virus Covid-19 atau tidak. Hasilnya, seluruh anggota DPRD dan juga pegawai sekretariat DPRD Kaur dinyatakan non reaktif Covid-19.

“Tes Rapid ini untuk memastikan apakah anggota kita tidak ada tertular Covid-19, dan Alhamdulillah hasilnya semua anggota kita non reaktif,” kata Firjan Eka Budi, anggota DPRD Kaur dari Fraksi Nasdem, kemarin (18/5).

Dikatakannya, tujuan lain dari rapid test ini juga untuk meminimalisir terjadinya penularan dan memberikan gambaran akan kesehatan masing-masing anggota DPRD Kaur serta memberikan rasa aman dalam bekerja.

Dimana dalam rapid test Covid-19 ini, petugas Dinkes terlebih dahulu memeriksa suhu tubuhnya. Kemudian diambil sampel darahnya melalui ujung jari yang darahnya diteteskan ke alat rapid test.

Selain itu diteteskan cairan reagen untuk mengetahui apakah tubuh mengandung infeksi virus atau tidak.
“Walaupun semua anggota kita dinyatakan tidak terindikasi Covid-19, kita tetap mematuhi aturan dari pemerintah. Seperti menggunakan masker, menerapkan physical distancing, sering mencuci tangan dengan sabun dan lainnya,” terangnya.

Sementara itu, Waka 1 DPRD Kaur Juraidi SIP yang juga mengikuti rapid test itu, juga menyampaikan jika rapid test yang dilaksanakan di Sekretariat DPRD tidak hanya untuk anggota saja.

Akan juga diperuntukan bagi ASN, honorer dilingkungan Sekwan yang dilaksanakan secara bertahap. “Untuk anggota kita Alhamdulillah semuanya nonreaktif. Meskipun demikian, kita tidak boleh lengah dan tetap jaga kesehatan, karena ini bisa saja positif,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Kuar Azwar S Sos melalui Kabid P2P, Juli Haryanto SKM juga menyampaikan, bahwa kegiatan di DPRD Kaur ini karena adanya permintaan dari pihak DPRD.

Dimana rapid test di lingkungan DPRD Kaur ini dilakukan guna memastikan apakah mereka terpapar Virus Covid-19 atau tidak.

“Untuk anggota dan pegawai DPRD Kaur semuanya non reaktif, tapi disini kita minta tetap jaga kesehatan, dan juga kita siap melayani kantor jika ada yang mengajukan ingin rapid test,”jelasnya. (618)