Raperda LKPj APBD 2018 Disetujui

APRIZAL/Bengkulu EkspressSidang paripurna penyampaian pandangan akhir fraksi DPRD Bengkulu Utara, kemarin (26/6)

ARGA MAKMUR, Bengkulu EkspressРSemua fraksi di DPRD Bengkulu Utara menyetujui Raperda Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bengkulu Utara 2019 tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bengkulu Utara tahun anggaran 2018 menjadi Perda.  Persetujuan tersebut disampaikan dalam  sidang paripurna, kemarin (26/6).

Juru Bicara Fraksi Golkar, Yanto mengatakan pihaknya menilai secara utuh bahwa dalam LKPj APBD 2018 pemerintah daerah sudah mengalami kemajuan setiap tahunnya. “Berkenaan dengan hal tersebut, Fraksi Golkar berharap prestasi dan apa yang sudah dicapai oleh kepala daerah lebih dapat ditingkatkan, terkhusus dalam penyerapan anggaran harus menjadi prioritas utama, sesuai dengan yang telah disepakati oleh pihak eksekutif dan legislatif,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya juga berharap kepada kepala daerah, kepala instansi dan badan yang ada di Bengkulu Utara untuk dapat lebih giat menggali potensi daerah, demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dinilai masih sangat kecil dan jauh dari target PAD setiap tahunnya.



“Jadi, berdasarkan nota pengantar bupati terhadap pandangan umum fraksi, dan berdasarkan hearing rapat kerja bersama antara pihak eksekutif dan legislatif sejak tanggal 24 hingga 25 Juli. Setelah melakukan kajian dan pertimbangan, maka kami dari Fraksi Golkar dapat menerima Raperda LKPJ 2018,” ujarnya

Sementara itu, Ketua DPRD Bengkulu Utara Aliantor Harahap SE seusai mendengarkan seluruh penyampaian kata dari fraksi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara mengatakan, karena semua fraksi sudah setuju maka Raperda tentang LKPj Pelaksanaan APBD 2018 menjadi Perda Kabupaten Bengkulu Utara.

“Dapat disimpulkan bahwa ke tujuh fraksi yang telah menyetujui laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan belanja daerah Bengkulu utara tahun anggaran 2018 serta rancangan peraturan daerah Kabupaten Bengkulu Utara tentang perubahan anggaran pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2018 disahkan menjadi Perda Kabupaten Bengkulu Utara,” kata Aliantor

Sementara itu, Wabup Bengkulu Utara Arie Septia Adinata SE MAP menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap jajaran DPRD Bengkulu Utara yang telah menerima dan menyetujui Raperda tersebut untuk menjadi Perda.
“Terima kasih kepada segenap jajaran DPRD Bengkulu Utara yang telah menyetujui, bekerja keras menyatukan pikiran dan apa yang telah diberi masukan akan menjadi pedoman bagi kami,” tukasnya.(127)