Rapat Perdana Gagal Tentukan Dua cawabup

Susman Hadi SP MM

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Setelah 3 partai politik pengusung pasangan Dirwan-Gusnan (DG) menetapkan masing-masing 1 bakal calon wakil Bupati (Bacawabup) BS mendatangi Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM hingga masa jabatan berakhir februari 2020, para pengurus parpol mulai menggelar rapat perdana, hanya saja hasilnya gagal menetapkan dua cawabup untuk diserahkan ke Bupati.

“ kami pengurus 3 parpol sudah rapat perdana, Selasa (24/9) sore di kantor DPD Golkar BS, tapi belum berhasil menetapkan 2 cawabup yang akan diserahkan ke Bupati,” kata ketua DPD Partai Golkar BS,Susman Hadi SP MM.

Susman mengaku, dari ke-3 parpol pengusung tersebut, sama-sama ngotot agar bacawabup yang ditunjuk DPP parpol masing-masing dapat diajukan ke Bupati.Padahal dari 3 Bacawabup tersebut, harus digugurkan 1 orang. Sebab yang diserahkan hanya 2 orang saja.“ Belum ada titik temu, masing-masing parpol beralasan calon yang diajukan hasil rekomendasi DPP,” ujarnya.

Karena belum ada titik temu,Susman mengaku rapat akan kembali dilanjutkan awal Oktober mendatang,tepatnya 1 Oktober. Rapat tidak lagi digelar di BS, akan tetapi akan digelar di Kota Bengkulu. Sehingga diharapkan dari rapat lanjutan itu nanti dapat ditetapkan 2 calon yang akan diserahkan ke Bupati.“ Rapat lanjutan akan kami gelar di Kota Bengkulu pada 1 Oktober mendatang,” imbuhnya.



Susman berharap, pada rapat kedua nanti, sudah ada kepastian dua nama, agar bisa segera disampaikan ke Bupati. Lalu Bupati menyampaikannya ke DPRD BS untuk dipilih salah satunya menjadi Wabup BS, yang dilakukan pemilihannya melalui sidang paripurna DPRD BS.Dirinya berharap proses penetapan dua nama hingga pemilihan bahkan pelantikan nanti dapat dilakukan secepatnya.“ Kami menargetkan pelantikan Wabup Februari 2020, tapi kalau bisa Januari 2020 atau Desember 2019 itu lebih baik lagi,” tutupnya.

Ketua DPC PPP BS,Hadiar Saito S Sos yang juga bacawabup BS yang ditetapkan DPP PPP, membenarkan jika pada rapat pertama belum ada titik temu. Sebab pengurus ke-3 parpol bersikukuh agar bacawabup dari parpol mereka yang diusulkan ke Bupati. Padahal harus dua calon yang diusulkan, sebab bacawabup saat ini ada 3 orang.

“ Wajar saja kita masing-masing parpol menginginkan calon dari parpol mereka yang dipilih untuk diserahkan ke Bupati, mudah-mudahan saat rapat kedua nanti sudah ada titik temunya,” ujar mantan anggota DPRD BS periode 2009-2014 ini.

Sebelumnya ada 3 nama bacawabup BS yang diusulkan 3 parpol pengusung. Partai Gollkar mengusulkan nama H Rifai Tajuddin, PKS mengusulkan nama Diana Komena dan PPP mengusulkan nama Hadiar Saito.Dari 3 nama tersebut dipastikan 1 nama yang akan tersingkir lebih awal. Sebab cawabup yang diserahkan ke bupati hanya 2 orang saja. (369)