Rang Minang Dukung RM-SATU, Ribuan Massa Menyambut

BEMasyarakat Minang Bengkulu Siap Menangkan RM-SATU

BENGKULU, BE – Pilkada serentak kian dekat, menjelang 9 Desember 2015, dukungan terhadap pasangan calon Gubernur nomor urut 1, Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah, terus mengalir, setelah 2 hari berturut-turut tim inti Sultan B. Najamudin Kabupaten Lebong dan Bengkulu Utara beralih mendukung RM-SATU, dukungan kali ini kembali datang dari organisasi perkumpulan masyarakat Minang Bengkulu yang menamakan diri komunitas Rang Minang atau yang disingkat RM, pada 10 November 2015. Acara yang digelar di Balai Buntar Kota Bengkulu ini, dihadiri oleh ribuan masyarakat Minang yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Malam ini, kami mengadakan kegiatan seni yang biasa kita lakukan setiap tahunnya. Juga sekaligus memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November. Dalam acara kita ini, selain dihadiri ninik mamak orang minang Bengkulu, juga dihadiri oleh Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah. Perlu diketahui bahwa Rohidin ini adalah orang Sumendo dari kami Minang, istrinya keturunan orang Bukit Tinggi Agam. Dan dalam acara kita tadi saya rasa kita sudah jelas, bahwa orang Minang Bengkulu siap ikut memenangkan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah sebagai Cagub dan Cawagub Bengkulu,” tokoh sekaligus sesepuh masyarakat Minang Bengkulu Arsil Sutan Pamuncak.

Acara ini juga menghadirkan artis cantik penyanyi Minang yang terkenal dengan nama Ratu Sikumbang. Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Rang Minang tersebut, selain Rohidin yang diberi kesempatan tampil sekaligus memperkenalkan diri, dimana ia pamitan dan mohon dukungan, Rang Minang pun memberikan penghargaan bagi Cagub Ridwan Mukti, dimana Ridwan Mukti dipasangan saluak atau topi sasara yang merupakan sebuah penghargaan keluarga Minang. “Topi itu, penghargaan kita untuk Ridwan Mukti, dan dengan adanya Rohidin yang mendampingi Ridwan Mukti, kita berharap keduanya bisa memimpin serta membangun Bengkulu agar semakin baik kedepannya.” Ujar Arsil

Lebih lanjut Asril menjelaskan, “seperti disampaikan Ridwan Mukti tadi, Bengkulu saat ini menempati peringkat ke 31 dari 34 provinsi, tentu kondisi ini cukup memprihatinkan, sebab itu, kita butuh pemimpin yang benar-benar bisa membawa perubahan. Perlu diingat, dalam prinsip kami orang Minang, kalau ada nasi diperiuk, itu kita habiskan sama-sama, jadi kalau ada orang kita, maka kami tidak akan noleh kiri kanan lagi untuk mencari pemimpin. Sementara terkait adanya dukungan orang Minang lainnya yang mendukung calon lainnya, maka itu kami serahkan pada pribadi masing-masing, sebab meskipun kita makan satu periuk tapi tidak bisa memaksakan atau menentukan selera orang,” tukas tokoh Minang tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, ninik mamak orang sekundang, juga memperkenalkan atau melewakan gelar Rohidin, yaitu Sutan Mangkuto Alam, sebagaiaman pepatah minang “Ketek Benamo, Gedang Begala”, dalam tradisi adat Minang, setiap laki-laki yang menikah diberi gelar suku oleh ninik mamak persukuan tersebut. Selain itu Rohidin Mersyah yang diberi kesempatan memimpin doa sebelum dimulainya acara, saat ia memperkenalkan diri dihadapan ribuan masyarakat Minang Bengkulu yang memadati Gedung Balai Buntar tersebut, Cawagub nomor 1 itu, menjelaskan bahwa ia bersama Ridwan Mukti berharap agar keluarga besar Minang Bengkulu bisa menerima mereka.

“Beberapa waktu lalu, saya juga sudah silaturahmi dengan keluarga Minang di kabupaten/kota, dan kali ini, saya izin pamit dengan ninik mamak sekalian untuk mengikuti Pilkada Provinsi Bengkulu. Minang itu, adalah salah satu keluarga besar dan kami sangat bangga, karena kami adalah bagian dari ini. Saya dan pak Ridwan siap membawa nama baik keluarga Minang di Bengkulu,” tegas Rohidin yang merupakan keturunan Sikumbang.

Sementara itu, dari Cagub Ridwan Mukti, saat memberikan sambutannya, dimana warga Minang yang hadir sangat antusias dengan kehadirannya, ia mengucapkan terima kasih pada komunitas Rang Minang, “Malam ini jale, jale Minangnyo. Dan saya bersama Rohidin mengucapkan terima kasih atas silaturahmi ini, dimana acaranya rame luar biasa, luar biasa ramenya. Kegiatan hari ini, selain silaturahmi juga sebagai ajang kita memperingati hari pahlawan, dimana hari pahlawan itu, kita maknai dengan merefleksi diri. Dan dari lahirnya Provinsi Bengkulu sejak tahun 67 Provinsi Bengkulu dulu pernah berada diperingkat ke 26 di Indonesia. Tapi di usia Bengkulu saat ini, hasil ekspose Bappenas, Provinsi Bengkulu berada diurutan ke 31 dari 34 provinsi, Bengkulu jadi daerah paling tertinggal di daerah barat. Sebab itu, kami, saya bersama Rohidin, kami telah berfastabikul khairat akan mewakafkan diri selama lima tahun jika dipercaya memimpin Bengkulu.

Kita akan mengejar ketertinggalan itu, dan berupaya mensejajarkan diri dengan daerah lainnya. Perlu diketahui, saya ini sudah tidak asing lagi dengan keluarga Minang, sebab saat saya masih kecil dikawasan Pasar Bang Mego Curup, saya sudah berteman dengan orang Minang yang banyak berjualan disana. Kemudian di Musi Rawas juga saya menjadi pembina masyarakat Minang. Untuk itu, sekali lagi, jika kami dipercaya memimpin Provinsi Bengkulu, maka kami berkomitmen akan memakmurkan tradisi Minang di Bengkulu,” janji Cagub nomor 1 yang terkenal santun dan dekat dengan rakyat kecil ini. (151)