Rambu-rambu Evakuasi Dipasang

rambuSEMIDANG ALAS MARAS, BE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma, akan memasang rambu-rambu evakuasi bencana di kawasan pesisir. Sebelum dipasang, terlebih dahulu disurvei lokasinya. “Survei untuk menentukan lokasi pemasangan, serta arah titik berkumpulnya,” sampai Kepala BPBD Seluma Syaiful SPd MPd, melalui Kasi kedaruratan Noveri Shut MM.
Lokasi yang dipilih, untuk pemasangan rambu itu merupakan kawasan padat penduduk. Seperti Desa Pasar Ngalam, Tawang Rejo, Sukasari, kungkai Baru dan Pasar Seluma. BPBD akan menginventarsir kebutuhan rambu, disejumlah lokasi yang dipasang. “Kita belum bisa memastikan berapa kebutuhannya. Nanti hasilnya akan kita sampaikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” terangnya.
Survey untuk di kawasan Talo, Semidang Alas(SA) dan Semidang Alas Maras(SAM) telah dilakukan. Hal itu ditindaklanjuti dengan pemasangan rambu, dan jalur evakuasi. Sedangkan untuk kawasan Riak Siabun dan Kungkai Baru, akan dibangun shelter penanggulangan bencana serta menjadikan titik berkumpul, apabila terjadi bencana tsunami. “Waktu efisien dalam evakuasi setelah gempa bumi, hanyalah 15 sampai 20 menit saja. Jumlah warga di lokasi bencana juga mempengaruhi,” paparnya.
Dijelaskan lebih lanjut, usulan pembuatan  hunian darurat (shelter) tersebut akan diusulkan dalam APBN 2015 mendatang. Sedangkan untuk, rambu-rambu evakuasi dan titik lokasi berkumpul ini langsung disampaikan ke BNPB. “Hal ini akan menjadi program kita untuk pembangunan shelter di kawasan rawan bencana, yang memang sangat dibutuhkan,” tukas Noveri Shut. (333)