Ramadhan Tunggu Sidang Isbat

TAIS, bengkuluekspress.com – Kementerian Agama Kabupaten Seluma (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriah pada April 2021. Sidang isbat akan digelar secara serentak se RI dan tetap pemantauan di Provinsi Bengkulu.

“Jika mengacu kepada kalender awal Ramadhan jatuh pada tanggal 13 April, namun akan dipastikan lagi melalui sidang Isbat,” tegas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma, Drs H Mulya Hudori M Pd kepada BE.

Dijelaskan, jika pelaksanaan sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1442 H oleh Kementerian Agama sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Karenanya, sidang isbat awal Ramadan ini digelar pada 29 Sya’ban yang bertepatan 12 April 2021.

Lebih lanjut, menerangkan rangkaian sidang isbat akan diawili dengan penjelasan posisi hilal dan pelaksanaan rukyatul hilal awal Ramadhan. Menurutnya, penetapan awal Ramadhan apabila posisi hilal berada di ufuk berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit. Tercatat, ada 86 titik yang akan memantau proses rukyatul hilal.

“Seluma tidak melaksanakan sidang Isbat ini namun tetap provinsi yang memantau dan kementrian agama RI yang melangsungkan Isbat itu sendiri,” ucapnya.

Dibeberkan, mengatakan sejumlah instansi turut terlibat dalam sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriah. Instansi yang terlibat yakni Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama. Ditetanhkan, Rangkaian sidang isbat penentuan awal Ramadhan digelar tiga sesi. Pertama, pemaparan posisi hilal oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Sesi kedua mengenai mengenai penentuan awal Ramadhan yang akan dilakukan setelah salat magrib. Sesi ini digelar secara tertutup.

“Dengan penetapan ini diharapkan ramadhan dan lebaran serentak,,” tandasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*