Ramadan, Wabup Jamin Pelayanan ‘Berjalan’

1. Jefryy/Bengkulu Ekspress – Wakil Bupati Seluma Suparto Msi mendatangi satu persatu OPD untuk memastikan pelayanan tetap berjalan sekalipun bulan puasa.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Memasuki bulan Ramadhan 1440 H, Pemerintah Kabupaten Seluma, memastikan pelayanan publik tetap berjalan sebagaimana mestinya. Pelayanan publik yang mendapat perhatian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Komunikasi Infromasi (Diskominfo) dan OPD (organisasi perangkat daerah) lainnya. Untuk itu, kemarin Wakil Bupati Seluma Suparto Msi melakukan sidak pada sejumlah OPD dilingkungan Pemda Seluma.

“Kita ingin memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap menjadi prioritas di bulan Ramadan ini sehingga OPD yang bertugas memang memberikan pelayanan bisa maksimal. Termasuk jam kerja juga harus diperhatikan,” tegas Wakil Bupati Seluma Drs Suparto MSi saat diwawancarai BE di sela sidaknya ke OPD kemarin (7/5).



Disampaikan wabup, apabila mengacu pada surat eda­ran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Ne­gara dan Reformasi Biro­krasi (Kemen-PAN RB) terkait penyesuaian jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan rama­dan, maka saat bulan Ramadan ada pengurangan jam kerja.”Biasanya ASN masuk pukul 07.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB, tetapi dalam surat edaran itu masuknya pukul 08.00 WIB dan pulangnya pukul 15.00 Wib,” sampainya.

Dia mengatakan, meski ada penyesuaian jam kerja selama bulan Ramadan kinerja OPD tidak akan terganggu. Sebab, pengawasan ditingkatkan. Selain itu, bupati dan wakil bupati juga biasanya suka melakukan sidak.”Jadi masyarakat tidak usah khawatir. Semua pelayanan berjalan seperti biasa. Tidak ada alasan bulan puasa untuk tidak bekerja maksimal,” katanya.

Untuk itu, wabup juga meminta kepala OPD agar dapat menegur jika ada ASN di OPD masing-masing sering datang telat atau pulang cepat tidak sesuai jadwal selama Ramadan ini. Sebab, ASN yang malas tersebut bakal dievaluasi. Oleh karena itu, dirinya berharap, agar seluruh ASN dan pejabat dapat rajin ngantor dan memberikan pelayanan maksimal kepada warga Seluma. Sebab dengan pelayanan maksimal yang diberikan dapat bernilai ibadah. “Jadikan pekerjaan atau pelayanan yang kita berikan kepada warga sebagai ladang ibadah sehingga menjadikan kita selalu semangat,” singkatnya. (333)