Ramadan Penuh Tantangan

JAKARTA – Bagi Denada, Ramadan tahun ini memberikan tantangan yang cukup besar. Sebab, dia bertekad tetap menjalankan ibadah puasa meski masih harus menyusui sang buah hati, Shakira, yang kini berusia tujuh bulan. Belum lagi, dia menerima banyak pekerjaan.

Dena, sapaan Denada, menjalani Ramadan tahun ini dengan status baru. Yakni, istri sekaligus ibu. ”Sudah punya tanggung jawab sebagai istri. Siapin makan sahur dan buka,” katanya. Sebagai ibu, dia juga harus memberikan asupan terbaik bagi anaknya. Apa lagi kalau bukan air susu ibu alias ASI.

Nah, yang terakhir itu menjadi tantangan besar bagi dia. Sebelum melahirkan saja, nafsu makan Dena besar, apalagi sekarang. ”Sudah dobel-dobel nafsu makannya,” katanya ketika ditemui di acara Hikmah Puasa Berbagi Momen Bersama Orang Tua di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (21/7).

Dena juga menerima pekerjaan menjadi sinden pada Opera Van Java Sahur di Trans7. Jadi, saat sahur, dia harus bekerja. Pulang ke rumah sudah pagi. ”Pas sampai rumah, jamnya anak saya bangun. Jadi, mata lagi ngantuk-ngantuknya harus mengurus Shakira,” katanya.

Namun, semua itu dia syukuri. Dia menganggapnya sebagai rezeki. Tidak ada yang perlu dikeluhkan. ”Karena apa yang sudah saya punyai ini luar biasa. Mama sehat, keluarga sehat, suami yang baik dan mendukung. Pertumbuhan anak saya juga baik,” ungkapnya.

Di tengah kesibukannya, dia juga masih bisa menjaga kedekatan dengan sang bunda, Emilia Contessa yang kini tinggal di Banyuwangi. Berkomunikasi dengan sang mama bisa dilakukan kapan saja dengan bantuan teknologi. Emilia juga bisa mengikuti perkembangan cucunya dari foto dan video yang dikirimkan.

Wajar, Emilia begitu menyayangi Shakira. ”Shakira itu cucu keempat. Tapi, itu yang saya harap-harapkan dari Dena. Sudah lama ditunggu-tunggu,” ungkap dia. Bahkan, ketika ditanya momen apa yang paling mengharukan dalam hidup tentang anak-anaknya, dia menjawab saat Dena lamaran dan menikah dengan Jerry Aurum. ”Momen itu yang bikin saya nggak berhenti menangis,” ungkapnya.

Saat Lebaran nanti, mereka memiliki rencana berkumpul di Banyuwangi, Jawa Timur. ”Setelah Mama di luar kota, jadi ingin kumpul bareng keluarga besar,” kata Dena. Jadi, dia akan memboyong keluarga kecilnya ke sana. ”Mertua saya juga bakal ikut ngumpul,” lanjut Dena. (jan/c6/any)