Rain Selesaikan Wamil, Akhiri Tugas sebagai Entertainment Soldier

Jung Ji-hooSEOUL – Ketika Rain dengan tegap melangkahkan kakinya ke luar gedung Kementerian Pertahanan Korea Selatan Rabu (10/7), ratusan fans yang menunggu sejak pagi, bahkan ada yang menginap sejak semalam sebelumnya, sontak berteriak kegirangan. Mereka gembira karena idolanya tersebut mengakhiri wajib militer (wamil) yang dijalani selama hampir dua tahun terakhir.

Melihat pemandangan tersebut, pemilik nama asli Jung Ji-hoon itu tampak semringah. ’’Terima kasih sudah datang untuk menyambut saya. Ke depan, saya akan berbuat yang lebih baik. Saya menyayangi kamu semua,’’ ujar Rain sebagaimana dikutip kantor berita Korsel, Yonhap. Kemarin dia menerima surat yang menyatakan bahwa dirinya berhasil menyelesaikan wamil selama 21 bulan.

Selama wamil, pria ganteng berusia 31 tahun itu bertugas sebagai entertainment soldiers. Selain menjalani latihan fisik, dia memiliki misi khusus. Yakni, tampil di televisi atau radio untuk mempromosikan pentingnya wajib militer bagi generasi muda Korsel. Hingga kini, Negeri Ginseng tersebut memang mewajibkan setiap pemuda yang berbadan sehat mengikuti wamil selama dua tahun.

Ratusan penggemar pria yang bermain dalam Ninja Assassin itu memang layak bergembira. Sebab, selama dua tahun mereka tidak bisa melihat wajah Rain dalam film, serial televisi, atau klip video. Ketika menjalani wamil, praktis Rain harus tinggal di barak dan tidak boleh berkegiatan di luar jadwal yang sudah ditentukan militer. Selesai wamil, Rain menyatakan belum punya rencana besar dalam karirnya.

Keikutsertaan Rain dalam wamil sempat dilanda masalah. Awal Januari tahun ini, pria yang pernah masuk dalam daftar 100 tokoh berpengaruh versi majalah Time pada 2011 itu harus menjalani hukuman selama tujuh hari. Sebab, dia ketahuan menyalahgunakan izin meninggalkan barak untuk bertemu kekasihnya, artis Korsel Kim Tae-hee. Pertemuan tersebut tertangkap kamera media.

Rain bukan satu-satunya artis yang bermasalah saat menjalani wamil. Psy yang ngetop lewat Gangnam Style terpaksa mengikuti wamil hingga dua kali. Sebab, dia terbukti melalaikan tugas ketika menjalani wamil yang pertama. (c5/any)