Raih 3 Piala American Music Award 2012, Bieber Dikejutkan Ciuman

LOS ANGELES – Justin Bieber memang orang Kanada. Tetapi, dia berhasil merajai kancah musik Amerika Serikat. Cowok 18 tahun itu sukses mendominasi daftar pemenang ajang penghargaan musik tahunan American Music Awards (AMAs) pada Minggu malam lalu waktu setempat (18/11) di Nokia Theatre, Los Angeles.
Bieber menang tiga piala, termasuk Artist of the Year. Sang ibu, Pattie Mallette, menemaninya naik ke panggung untuk menerima piala tersebut. Pada kategori paling bergengsi itu, mantan kekasih Selena Gomez tersebut mengalahkan Rihanna, Maroon 5, Katy Perry, dan Drake. ”Terima kasih untuk selalu percaya padaku,” katanya sambil menatap ibunya.

Bieber lalu mengungkapkan susahnya hidup sebagai superstar. Semua orang seperti selalu mengawasi langkahnya. Penyanyi Boyfriend itu meminta semua Beliebers (sebutan penggemarnya) tetap percaya padanya. Dia meraih gelar Artist of the Year untuk kali kedua setelah 2010.

Selain karena penghargaan, Bieber menjadi perhatian malam itu karena kemunculan dadakan Nicki Minaj di panggung. Minaj menemani Bieber membawakan Beauty and A Beat. Minaj menari seksi untuk menggoda Bieber selama beberapa detik. Kejutan lainnya, Bieber menerima ciuman di leher dari presenter acara Jenny McCarthy. ”Wow, rasanya seperti menjadi korban,” kata Bieber, lalu tertawa.

Di belakang panggung, seperti ditulis Associated Press, McCarthy mengungkapkan perasaan gemasnya pada Bieber. ”Saya tidak bisa menahan diri. Justin sangat menggemaskan. Saya sampai ingin mencopot kepalanya dan menggigitnya. Gemas sekali,” ungkapnya.

Bieber juga mendapat piala Favorite Pop/Rock Male Artist. Saat menerimanya, dia berkata, ”Saya ingin mempersembahkan kemenangan ini untuk para haters yang mengira bahwa saya hanya bisa bertahan satu atau dua tahun. Saya justru merasa akan lama berada di industri musik ini.” Satu piala lagi yang diraih Bieber adalah Favorite Pop/Rock Album untuk album ketiganya, Believe.

Kemenangan tersebut seperti menjadi obat patah hati bagi Bieber yang cintanya pada Gomez kandas beberapa pekan lalu. Usaha rekonsiliasi mereka tidak berjalan mulus. Seperti dikutip dari TMZ.com, pada Jumat lalu (16/11) reuni Bieber dan Gomez berakhir dengan Gomez marah dan meninggalkan Bieber yang kemudian mengejarnya. Momen itu berakhir pada Bieber yang terdiam di depan pintu rumah karena Gomez tidak juga mau membuka pintu.

Untuk kategori Favorite Country Female Artist, Taylor Swift belum terkalahkan. ”Ini seperti tidak nyata. Saya hanya ingin berterima kasih kepada penggemar yang sudah memilih,” ujarnya yang pada malam sebelumnya asyik dinner dengan Gomez. Kabar lain di luar AMAs yang dibawa Swift adalah penjajakan hubungan antara dia dan salah seorang personel One Direction, Harry Styles.

Acara malam itu juga dibuat heboh oleh aksi kolaborasi rapper Korea Psy dengan MC Jammer. Mereka membawakan, tentu saja, lagu Gangnam Style yang dilanjutkan hit lama Hammer, Too Legit to Quit. Ada juga penampilan Ke$ha, Christina Aguilera, Minaj, dan Kelly Clarkson.

Nomine AMAs dipilih berdasar penjualan album dan seberapa sering lagu mereka diperdengarkan. Pemenang didapat dari hasil pilihan penggemar secara online. Tahun ini acara tersebut memasuki pergelaran ke-40. ”Yang membuat AMAs spesial adalah fans yang memilih pemenang,” tutur Chester Bennington dari Linkin Park. Grupnya memenangi kategori Favorite Alternative Rock Artist. (c12/ayi)

Pemenang American Music Awards 2012 
Artist of the Year: Justin Bieber
New Artist of the Year: Carly Rae Jepsen
Favorite Male Artist: Justin Bieber
Favorite Female Artist: Katy Perry
Favorite Band, Duo or Group – Pop/Rock: Maroon 5
Favorite Album – Pop/Rock: Justin Bieber
Favorite Male Artist – Country: Luke Bryan
Favorite Female Artist – Country: Taylor Swift
Favorite Band, Duo or Group – Country: Lady Antebellum
Favorite Album – Country: Blown Away (Carrie Underwood)
Favorite Artist – Rap/Hip-hop: Nicki Minaj
Favorite Album – Rap/Hip-hop: Pink Friday: Roman Reloaded (Nicki Minaj)
Favorite Male Artist – Soul/R&B: Usher
Favorite Female Artist – Soul/R&B: Beyonce
Favorite Album – Soul/R&B: Talk that Talk (Rihanna)
Favorite Artist – Alternative Rock: Linkin Park
Favorite Artist – Adult Contemporary: Adele
Favorite Artist – Latin: Shakira
Favorite Artist – Contemporary Inspirational: tobyMac
Favorite Artist – Electronic Dance Music (EDM): David Guetta