Rafflesia Tumbuh di Kebun Warga Rejang Lebong

Ary/BE
Bunga Rafflesia Arnoldii yang tumbuh di kebun warga di Desa Kampung Baru Kecamatan Selupu Rejang.

CURUP,bengkuluekspress.com– Bunga Rafflesia jenis Arnoldii ditemukan mekar di kebun milik warga di kawasan Kubang Hitam Desa Kampung Baru Pal Batu Kecamatan Selupu Rejang. Puspa langka ini ditemukan mekar sejak Jumat (12/2).
“yang mekar ini merupakan yang kedua, karena sebelumnya juga ada yang sudah lebih dahulu mekar dan sekarang sudah membusuk,” terang Jhon Anren (44) pengelola kebun kopi tempat ditemukannya Rafflesia Arnoldii.
Dijelaskan Jhon, bunga yang menjadi icon Provinsi Bengkulu tersebut pertama kali ditemukan oleh pemancing pada tanggal 29 Januari 2021 lalu. Karena memang lokasi tumbuhnya bunga langka tersebut berada tepat dipinggir Sungai Air Sengak. Mengetahui ada pemancing yang menemukan Bunga Rafflesia mekar di kebun yang ia kelola, ia langsung melakukan pengecekan.
“Setelah saya cek, ternyata selain ada satu yang mekar ada 13 lain yang masih dalam bentuk bonggol dan satu lagi yang mekar saat ini, jadi sekarang yang masih bonggol ada 12 lagi,” tambah Jhon.

Untuk memastikan puspa langka tersebut tidak rusak maupun disetuh oleh para pengunjung, Jhon langsung berinsiatif membuat pagar disekililing tempat tumbuhnya bunga Rafflesia, karena memang lokasi tumbuhnya Bunga Rafflesia tersebut disatu tempat dengan luas area sekitar 3 X 3 meter.
“Selain membuat akses jalan menuju lokasi, saya juga berinisiatif membuat pagar agar bunga ini tidak rusak,” tambah Jhon.

Sementara itu, Andi Saputra (25) warga lainnya yang menyediakan tempat parkir sepeda motor mengungkapkan, lokasi mekarnya Bunga Rafflesia tersebut sekitar 3 KM dari jalan Lintas Curup-Lubuklinggau. Untuk menuju lokasi akses jalanya sudah bagus, sampai parkiran yaitu dipondok kebun milik Andri jalannya sudah aspal hotmix.
“Dari tempat parkir ini pengunjung harus berjalan kali sekitar 300 meter melewatir perkebunan kopi,” terang Andri.
Menurut Andri, kabar mekarnya Bunga Rafflesia tersebut cepat menyebar baik dari mulut ke mulut maupu melalui media sosial. Pasca adanya informasi adanya Bunga Rafflesia yang mekar, ia mengaku sudah banyak pengunjung yang datang meskipun pengunjung yang datang masih didominasi oleh warga lokal.
“kalau yang datang untuk melihat bunga ini sudah lumayan banyak, namu masih didominasi warga Kampung Baru dan sekitarnya,” aku Andi.(251)