Rafflesia Mekar di Pinggir Sawah

IST/Bengkulu Ekspress
MEKAR: Kades menunjukan bunga Rafflesia yang mekar di hutan di desa tersebut.

MALIN DEMAN,Bengkulu Ekspress – Bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan masyarakat Desa Talang Baru Kecamatan Malin Deman, tepatnya di hutan pinggir persawahan desa setempat. Mekarnya Bunga Rafflesia Arnoldi itu, ditemukan 17 Januari 2019 sekitar pukul 14.00 WIB oleh petani yang memiliki sawah di wilayah tersebut.

“Petani yang pertama kali melihat bunga tersebut pada tanggal 17 Januari 2019 lalu,” ujar Kepala Desa Talang Baru, Dahri Iskandar dihubungi Bengkulu Ekspress, kemarin (21/1).

Selain itu, kata Kades,warganya juga menemukan bunga dengan jenis yang sama yang akan mekar dan enam bonggol bunga Rafflesia. Temuan itu tidak hanya sekali, tetapi warga sering menemukan bunga tersebut mekar di kawasan hutan dekat desanya. Untuk mengamankan bunga langka tersebut, pihaknya akan membuat pagar keliling.

Tujuannya, untuk mencegah bunga itu dari binatang buas dan manusia yang ingin merusak. Selain itu, kata Kades, pihaknya juga telah mengusulkan pembangunan satu ruas jalan untuk menjangkau lokasi penemuan bunga tersebut melalui Anggota DPRD setempat. Ia juga menyatakan, pemerintah desa juga akan membuat Peraturan desa (Perdes) untuk melindungi bunga tersebut.

Sekaligus sanksi terhadap siapa saja yang sengaja merusak bunga yang sangat langka tersebut.
“Bunga yang langka itu sering ditemukan dan perlu adanya upaya dilestarikan serta dilindungi,” ungkap Dahri.(900)