Rafflesia Kemumuthensis Kembali Mekar Sempurna di BU

APRIZAL/BE
Salah seorang pengunjung mengabadikan dengan bunga Rafflesia Kemumuthensis.

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Bunga Rafflesia jenis Kemumuthensis kembali mekar di kawasan hutan Talang Rais Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Berbeda dari yang biasanya, puspa langka ini mekar sempurna dengan diameter besar sebesar 60 cm.
“Ya, bunga Rafflesia yang saat ini tengah mekar adalah Rafflesia jenis Kemumuthensis yang merupakan Rafflesia endemik dari Kabupaten Bengkulu Utara (BU),” kata Anggota Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) BU, Ade saat dikonfirmasi awak media, Jumat (18/6).

Ditambahkannya, selain mekar sempurna dengan tanpa ada cacat, bunga Rafflesia Kemumu ini mekar dengan diameter yang berbeda dari biasanya, jika biasanya berdiameter 35 sampai 45 cm. Kali ini Rafflesia kemumu mekar dengan diamater mencapai 60 cm.
“Bunga ini mekar sempurna kemarin (Kamis (17/6) dengan diameter 60 cm,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Ade meyampaikan, bahwa bagi masyarakat yang hendak melihat secara langsung puspa langka ini masih bisa hingga 3 hari kedepan. Hari ini Jumat (18/6) merupakan hari ke-2 bunga Rafflesia Kemumu mekar. Namun dikarenakan posisi mekarnya bunga Rafflesia berada di tebing cukup terjal, dirinya berharap agar para pengunjung untuk meminta bantuan pihaknya dan juga disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman.
“Bagi yang ingin melihat, masih bisa hingga 3 hari kedepan, dan bila ingin melihat untuk dapat berhati-hati, dikarenakan lokasinya yang cukup terjal,”sampainya.

Seorang pengunjung, Aisyah Dini mengakui, bahwa sangat takjub denga mekarnya bunga Rafflesia asli andemik dari Kabupaten BU ini yakni Kemumuthensis. Apalagi bunga ini mekarnya lebih dari biasanya yakni 60 cm membuat bunga ini terlihat lebih cantik.
“Saya sering mas melihat apabila ada bunga Rafflesia mekar, namun yang ini sangat berbeda lantaran mekarnya lebih dari biasanya. Sehingga membuat puspa langka ini semakin terlihat cantik, apalagi bila dimuat di media sosial kita,”tukasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*