Rafflesia Arnoldi Mekar di Curup Utara


Ary/BE
Anwar bersama pengunjung saat melihat mekarnya Bunga Rafflesia Arnoldi di lahan miliknya di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Curup Utara, Sabtu (17/10).

CURUP, bengkuluekspress.com – Puspa langka bunga Rafflesia Arnoldi kembali ditemukan mekar di Kabupaten Rejang Lebong. Kali ini ditemukan di Desa Tanjung Beringin Kecamatan Curup Utara.
Anwar SP (50), pemilik lahan mengungkapkan, bahwa bunga yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu tersebut pertama kali ia temukan pada Senin (12/10) lalu. Saat itu ia tengah mencari bunga di tanah miliknya yang masih hutan atau belum dibuka menjadi area perkebunan.
“Awalnya pada Senin (12/10) saat masuk ke area sini untuk mencari bunga, karena kita tahu saat inikan bunga masih naik daun dan tak sengaja saya temukan bunga ini (Rafflesia Arnoldi),” terang Anwar saat ditemui di lokasi mekarnya Bunga Rafflesia Arnoldi, Sabtu (17/10).

Saat ditemukan kondisi bunga yang tumbuh di pinggir aliran Sungai Dendan tersebut masih dalam bentuk knop besar atau belum mekar. Karena lokasinya yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari pondok kebun miliknya, sehingga perkembangan bunga tersebut terus ia pantau. Jumat (16/10) ia kembali datang ke lokasi bunga dan ditemukannya dalam kondisi sudah mekar sempurna. Moment tersebut langsung diabadikan dan foto mekarnya bunga tersebut langsung menyebar baik melalui pesan Whatsapp maupaun melalui akun media sosial lainnya seperti instagram dan Facebook.
“Kalau saya baru pertama kali menemukan bukan ini di sini, tapi ada saudara saya sekitar dua tahun yang lalu juga menemukan mekar di sini juga,” ungkap Anwar.

Meskipun akses menuju lokasi cukup jauh karena dari tempat memarkirkan motor pengunjung harus jalan kaki sekitar 1 KM menuruni tebing yang terjal. Namun sejumlah masyarakat atau pengunjung yang ingin mengabadikan mekarnya bunga langka tersebut tetap datang ke lokasi.
“Kalau yang berkunjung ada beberapa orang tadi, mereka penasaran ingin melihat bunga ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Rejang Lebong, Tedy Riski yang ditemui juga di lokasi mekarnya Bunga Rafflesia berharap agar pak Anwar bisa memelihara habitat bunga tersebut. Karena menurutnya, bila habitatnya terjaga maka peluangnya untuk tumbuh lagi kedepan masih besar.
“Seiring dengan banyak ditemukannya Rafflesia Arnoldi yang mekar di Rejang Lebong, saat ini Rejang Lebong sudah menjadi habitat dari puspa langka ini dan menariknya Rafflesia yang ditemukan di Rejang Lebong diameternya rata-rata lebih besar dari daerah lain,” terang Tedy.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*