Radikalisme Terindikasi Ada di Bengkulu Utara

radikalisme ilustrasi
Foto : IST

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Berdasarkan pantuan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), paham radikalisme berada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Hal tersebut dibenarkan Kepala Kesbangpol Bengkulu Utara, Muqoddas.

“Belum bisa dipastikan apakah itu kelompok JAD atau bukan. Hanya saja, untuk kelompok paham radikalisme memang ada indikasinya di Bengkulu Utara ini,” jelas Muqoddas.

Ditanya di mana keberadaan kelompok yang memiliki paham radikalisme tersebur? Muqoddas enggan memberikan jawaban.  Menurutnya, kelompok yang memiliki paham radikalisme tidak bisa dipastikan keberadaannya. Kesbangpol hanya bisa melakukan pemantauan terhadap paham tersebut. “Keberadaannya di mana belum bisa dipastikan, kami tetap melakukan pemantauan,” imbuh Muqoddas.



Terkat jemaah Pondok Pesantren Salafi di Desa Arga Mulya, Kecamatan Padang Jaya, Muqoddas memastikan kegiatan di Ponpes tersebut tidak mengarah ke paham radikalisme atau terorisme. Pemantauan ditingkatkan jika ada WNA masuk ke Ponpes yang dipimpin Abu Turof tersebut.

“Jemaah Salafi kita pantau terus, sampai saat ini belum ada kegiatan mereka yang mengarah kepada paham radikalisme atau terorisme,” pungkas Muqoddas.(167)