Racun Plastik Picu Pria Mandul Dan Gemulai

Efek ini diyakini akan menjauhkan pria dari wanita-wanita yang tertarik menjadi pasangannya.Tak hanya meningkatkan risiko mandul, efek racun plastik pada pria diduga juga bisa mengubah perilaku jadi seperti wanita yakni lebih gemulai.

Para ahli memang belum mendapatkan bukti ilmiah yang cukup kuat pada manusia, namun efek ini sudah dibuktikan pada beberapa spesies binatang. Dalam penelitian terbaru, mencit jantan jadi seperti betina sedangkan sebelumnya hal yang sama juga terjadi pada monyet.

BPA atau Bisphenol A merupakan racun kimia yang banyak dipakai sebagai campuran beberapa jenis plastik. Bukan itu saja, BPA juga sering dipakai sebagai pelapis pada kaleng makanan serta kertas thermal yang dipakai untuk mencetak struk belanja.

“Dalam penelitian kami, mencit jantan yang terkespos BPA dijauhi mencit betina dan cenderung menunjukkan perilaku seperti mencit betina.

Penelitian terbaru yang dilakukan Rosenfeld ini telah dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences baru-baru ini.Sementara itu pada Mei 2009, sekelompok peneliti di Jepang sudah lebih dulu menemukan efek yang sama pada monyet jantan. Dalam penelitian yang dimuat di jurnal Psychoneuroendocrinology ini, asupan BPA sebanyak 10 mcg/kg berat badan diberikan pada monyet hamil.

Ketika monyet tersebut melahirkan monyet jantan, pertumbuhannya diamati selama beberapa bulan. Dari waktu ke waktu, monyet jantan tersebut cenderung menjauhi induk betinanya dan lebih aktif bergaul dengan lingkungan sosialnya seperti yang dilakukan monyet betina.

Hingga kini peneliti belum meneliti apakah efek yang sama juga bisa terjadi pada manusia. Namun berbagai penelitian menunjukkan, efek lain dari BPA bisa terjadi pada manusia antara lain peningkatan risiko kanker dan berkurangnya kualitas sperma pada pria.(**)