PWI Mukomuko Gelar Pelatihan Jurnalistik, Diikuti 67 Peserta

 

MUKOMUKO, BE – Pelatihan jurnalistik yang digelar PWI Mukomuko, pada Kamis (23/7), antusias diikuti puluhan wartawan dan perwakilan dinas dan instansi. Peserta pelatihan mencapai 67 orang. Terdiri dari wartawan, termasuk utusan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mukomuko, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko, Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Mukomuko dan Polres Mukomuko.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu sekaligus sebagai nara sumber pelatihan Zacky Antoni SH MH menyampaikan, wartawan tidak dibenarkan beropini dalam menyusun atau menulis berita, tetapi, fakta yang harus dijadikan dasar dan dimasukkan dalam berita yang disusun. Kemudian, diperkuat dengan data akurat. Dengan begitu, akan tersaji berita yang akurat dan tidak terbantahkan. Wartawan juga harus menguji informasi dengan melakukan check and recheck tentang kebenaran informasi tersebut.

“Wartawan tidak dibenarkan membuat berita bohong, fitnah, sadis dan cabul, harus berdasarkan fakta dan data. Wartawan juga harus memahami hak jawab, hak koreksi, kewajiban koreksi dan kode etik jurnalistik yang sudah dikeluarkan Dewan Pers,” bebernya.
Bupati Mukomuko, Choirul Huda yang membuka acara juga mengapresiasi kegiatan PWI Mukomuko. Ia berharap dengan dilakukan pelatihan jurnalistik. Rekan-rekan wartawan bisa lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Mudah-mudahan dari pelatihan ini, banyak hal yang didapatkan. Pemerintah daerah berharap, bisa bersama membangun daerah kita menjadi lebih maju dan masyarakat semakin sejahtera,” harapnya. Kegiatan Pelatihan Jurnalistik diikuti 67 peserta, bukan saja dari PWI Mukomuko, tetapi juga diikuti dari SMSI Mukomuko dan AMBO Mukomuko.

Turut menghadiri pembukaan acara, Kapolres Mukomuko AKBP Andy Arisandi SH SIK MH, Kajari Mukomuko Hendri Antoro, SAg SH MH, Ketua Pengadilan Agama (PA) Mukomuko Fatullah, SAg, Advokat PWI Mukomuko Muslim Chaniago SH MH, Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko Achmad Fachrurrozi, SH dan perwakilan Dandim 0428/Mukomuko serta kepala dinas, kantor dan badan di jajaran Pemkab Mukomuko. (900)