Putra Daerah Jabat Kapolda Bengkulu

Foto Ist//Bengkulu Ekspress

BENGKULU, Bengkulu Ekspress-Rolling institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali terjadi. Jabatan Kapolda Bengkulu dalam waktu dekat ini akan ikut berganti. Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum yang menjabat sebagai Kapolda Bengkulu selama kurang lebih 1 tahun 4 bulan ini, akan digantikan dengan Putra asli asal Bengkulu yakni Brigjen Pol Drs Supratman, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jawa Barat (Jabar) sejak 2017 lalu.

Amanat baru ini yang diemban Brigjen Pol Drs Supratman sebagai Kapolda Bengkulu menggantikan Brigjen Pol Drs Coki Manurung yakni berdasarkan surat telegram Kapolri, Nomor : ST/188/l/KEP/2019, tanggal 22/1/2019, Kapolda Bengkulu yang lama, dan berdasarkan TR itu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung juga mendapat jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kabid humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno membenarkan jika penunjukan Brigjen Pol Supratman sebagai Kapolda Bengkulu. Ia juga mengatakan bahwa pergeseran tersebut merupakan salah satu penyegaran di tubuh Kepolisian Polda Bengkulu.



“Ya berdasarkan TR Nomor 188 itulah, beberapa perwira tinggi Polri, termasuk salah satunya Kapolda Bengkulu yang mendapat amanah menduduki jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Lemdiklat Polri, otomatis akan dapat job bintang dua atau Irjen juga. Untuk sertijab nanti kita tunggu dari Mabes Polri, kan TR-nya baru hari ini diterima,” terang Kabid Humas Polda Bengkulu,AKBP Sudarno SSos MH kepada Bengkulu Ekspress, Selasa (22/1).

Selain itu, Sudarno juga menambahkan, jika pengganti dari Brigjen Pol Drs Coki Manurung ini nantinya marupakan putra asli asal Bengkulu lulusan Akpol tahun 1987. Brigjen Pol Drs Supratman juga berpengalaman dalam bidang Intel dan Jabatan terakhir Jenderal Bintang Satu ini adalah Direkonomi Baintelkam Polri dan Wakapolda Jabar. “Yang jelas informasi pergantian ini memang benar adanya, sedangkan untuk kapan sertijabnya belum bisa kita sampaikan karena masih menunggu langsung dari Mabes Polri,” tutur Sudarno.

Sementara itu, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Coki Manurung SH MHum saat ditanya awak media soal TR tersebut hanya memberikan guyonan dan senyuman kepada para awak media saat menunggu beliau sehabis menjalankan salat Dzuhur di masjid Al-Amin Polda Bengkulu.

Dikesempatan lain, calon Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman saat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress melalui pesan singkat Whatsapp (WA) terkait mutasi tersebut hanya menjawab  “Ya terima kasih banyak atas doanya semoga kami bisa menjalankan amanah ini dengan baik”.

Untuk diketahui, sebelum menjadi Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Drs Supratman pernah menjadi Kapolres Kota Bandung, Wakapolwil Periangan dan berbagai jabatan startegis di Mabes Polri mulai dari Kaden A Hartib Pusprovos Div Propam Polri tahun 2010, Pamen SDE SDM Polri tahun 2010, Analis Kebijakan Madya bidang Provos Divpropam Polri tahun 201, Kabidpropam Polda Jabar tahun 2011, Analis Kebijakan Madya bidang Sespimmen Sespim Polri tahun 2013, Kayanma Polri tahun 2015 dan Widyaiswara Madya Sespim Polri tahun 2016 dan menjabat Wakapolda Jabar sejak tanggal 20 Juli 2017 yang lalu.(529)