Pustu dan Sekolah Terbengkalai

PELABAI, BE –  Bangunan Pusat Kesehatan Terpadu (Pustu) dan sekolah di Trans Pabes Kecamatan Pelabai dibiarkan terbengkalai. Ini terlihat semak belukar memenuhi areal bangunan tersebut sampai setinggi orang dewasa.

Begitu pula dengan fasilitas lain seperti perumahan dokter, masjid, gudang yang masih satu lokasi dengan Pustu dan sekolah tersebut.

Padahal bangunan tersebut masih layak pakai dan menelan dana yang tak sedikit.
Diungkapkan Hendi (35) salah seorang warga Trans Pabes, semua fasilitas umum tersebut dibangun Pemkab Lebong tahun 2000 silam. Namun sejak 2009 lalu sudah tidak termanfaatkan lagi.

“Kalau sekitar 2000-2009 tenaga medis ada yang di tempatkan di Pustu ini. Tapi mulai 2009 hingga sekarang tidak ada lagi,” ungkap pria yang sempat bertugas sebagi Seketaris Desa Persiapan Pabes Jaya.

Padahal ada sekitar 40 kepala keluarga yang menetap di Trans Pabes. Bila ada warga yang sakit terpaksa dibawa berobat ke puskesmas terdekat di Kelurahan Tanjung Agung.

“Memang jaraknya tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 2,5 Km. Tapi ketika kondisi hujan kami kesulitan, soalnya di sini tidak ada warga yang memiliki mobil.  Ditambah lagi kondisi jalan cukup licin karena belum diaspal,” keluhnya

Begitu pula dengan bangunan sekolah, terang Hendri memiliki fasilitas yang memadai. Mulai dari kursi, meja dan lemari. Namun saat ini hanya ditumpuk-tumpuk saja. “Kalau sekarang ini anak-anak Trans Pabes bersekolah di Tanjung Agung ataupun di Desa Danau,” pungkas Hendi.(777)