Puskeswan Bisa Caesar Hewan

foto : ist

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di Kabupaten Mukomuko, bisa melakukan operasi caesar Hewan atau proses persalinan dengan melalui pembedahan bagi hewan ternak.Ini telah dilakukan beberapa kali oleh Puskeswan Desa Pulai Payung Kecamatan Ipuh.

“Petugas dan peralatan pendukung sudah ada, sehingga tidak ada hambatan dan kendala. Operasi caesar hewan yang pernah dilakukan beberapa kali itu berhasil,” sampai Kepala Bidang Peternakan Dispertan Kabupaten Mukomuko, Warsiman dikonfirmasi Bengkulu Ekspress (BE), kemarin (25/3).



Untuk lebih meningkatkan pelayanan di Puskeswan, tahun ini akan ada penambahan peralatan pendukung khususnya bagi Puskeswan yang belum ada peralatan. Yakni Puskeswan di Penarik dan Air Manjunto. ”Ada penambahan peralatan yang akan dibeli tahun ini dan bertahap,”katanya. Peralatan yang akan dibeli itu adalah sebanyak tiga unit alat sterilisator dan satu unit USG untuk hewan.

Direncanakan peralatan itu akan distanbykan di Puskeswan Penarik. Artinya bagi masyarakat khususnya yang ada hewan yang membutuhkan pemeriksaan dan hewan harus dilakukan operasi. Tidak hanya ada di Ipuh, tetapi di Penarik tahun ini juga akan memberikan pelayanan yang sama. ”Tinggal lagi Puskeswan di Kecamatan Air Majunto, dan akan kita usulkan kembali di tahun depan,”katanya. Alat USG untuk fungsi utamanya untuk diagnosa kebuntingan dan akan diketahui pula diagnosa gangguan reproduksi. Termasuk alat sterilisator yang berfungsi sebagai peralatan pendukung jika ada hewan ternak yang akan di operasi caesar.(900)