Puskesmas Sidodadi Bentuk Dokter Cilik

Foto : Kepala Puskesmas Sidodadi, Nini Pusniati SKep

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress – Beragam upaya dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sidodadi, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan. Salah satunya dengan membentuk dokter cilik di jenjang sekolah dasar (SD)/MI.

Setelah dibentuk, dokter cilik ini memiliki peran memberikan pelayanan kesehatan. Mulai dari memberikan informasi seputar kesehatan serta mengambil tindakan untuk memberikan pertolongan pertama pada anak-anak lainnya.

“Secara teknis, kami berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk menjaring siswa-siswi yang berprestasi untuk dijadikan dokter cilik di sekolah mereka. Mereka diberikan pemahaman tentang seputar ilmu medis,” kata Kepala Puskesmas Perawatan Sidodadi, Nini Pusniati SKep kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (13/3).

Sejauh ini, kata Nini, pembentukan dokter cilik baru dilakukan di 2 (dua) sekolah dasar. Kedepan, ia menargetkan seluruh SD/MI wilayah Puskesmas Sidodadi bisa mendapat perlakuan serupa.



“Alhamdulillah, gagasan yang kami cetuskan mendapat dukungan positif dari pihak sekolah. Informasi yang diberikan bisa menambah wawasan anak-anak atau generasi muda tentang dunia kesehatan,” kata Nini.

Terpisah, Penjabat (Pj) Sekda Bengkulu tengah, Edi Hermansyah SSi MSc PhD memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Puskesmas Sidodadi dalam melayani masyarakat, termasuk kepada anak-anak.

Edi berharap pelayanan prima juga dilakukan oleh Puskesmas lain yang ada di Kabupaten Bengkulu tengah. “Keberadaan Puskesmas harus memberikan dampak positif bagi masyarakat. Sebab itu, layanilah masyarakat secara maksimal, terutama masyarakat yang berasal dari kalangan kurang mampu,” imbau Edi.(135)