Puskesmas Buka 24 Jam

Foto : Ist

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang bakal menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas perawatan yang berada disepanjang jalan lintas untuk buka 24 jam. Tujuannya guna memberikan pelayan kepada masyarakat atau pemudik yang melintas di Kabupaten Kepahiang.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya kita minta puskesmas, khususnya Puskesmas perawatan yang berada disepanjang jalan lintas baik jalan lintas Kepahiang-Rejang Lebong maupun Kepahiang-Pagar Alam untuk buka 24 jam guna memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik yang melintas di Kepahiang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, Tajri Fauzan SKM MKM.

Dikatakan Tajri, selain itu pihaknya juga akan mempersiapkan tenaga medis di setiap pos mudik baik di kawasan jalan lintas, kawasan wisata hingga tempat pribadatan serta pihaknya juga akan berkoordinasi dengan RSUD Kepahiang terkait logistik obat-obatan maupun dokter spesialis. “Nanti kita juga akan tempatkan tenaga medis disetiap pos mudik seperti didaerah perbatasan, tempat wisata maupun tempat ibadah, dan kita juga akan berkoordinasi dengan pihak RSUD Kepahiang terkait ketersediaan obat-obatan maupun dokter spesialis seperti dokter bedah guna mengantisifasi jika ada pasien korban kecelakaan,” ungkapnya.

Ditambahkan Tajri, bahwa kegiatan pelayanan tersebut akan dimulai dari H-7 sampai H+7 menjelang tahun baru. Sehingga tenaga medis yang mendapat tugas piket dalam kegiatan tersebut dapat menjalankan tugasnya secara maksimal. “Kita mulainya H-7 atau sekitar tanggal 23 Desemer sampai H+7 atau sekitar tanggal 7 januari 2020 dan harapan saya tenaga medis yang distanbykan nanti dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal,” katanya.

Dilanjutkan Tajri, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat Kepahiang yang ingin mudik keluar daerah khususnya yang menggunakan kendaraan priadi untuk selalu mengutamakan keselamatan. “Untuk masyarakat Kepahiang yang ingin mudik keluar daerah, terutama yang menggunakan kendaraan untuk selalu mengutamakan keselamatan serta jangan membawa kendaraan dalam posisi mengantuk ataupun pengaruh alkohol, jika capek lebih baik istrihat sejenak,” pungkasnya. (320)