Puskesmas Berdebu dan Sampah Menumpuk

IST/Bengkulu Ekspress
SIDAK: Plt Bupati menggelar sidak ke puskesmas Suka Negeri, Air Nipis, Kamis (10/1).

AIR NIPIS, Bengkulu Ekspress– Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM mengingatkan pegawai dan staf Puskesmas Suka Negeri, Air Nipis agar memberikan pelayanan maksimal. Tidak hanya itu,dirinya minta agar peduli lingkungan.

“ Bagaimana mau memberikan pelayanan maksimal, kalau lingkungan saja kurang diperhatikan,” katanya saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di puskesmas Suka Negeri, Air Nipis, Kamis (10/1).

Gusnan bahkan kaget saat dirinya menginjakan kaki ke puskesmas tersebut, lantainya terlihat berdebu seakan jarang disapu. Selain itu, banyak juga tumpukan sampah yang tidak dibuang ke tempat sampah oleh petugas.“ Kalau lingkungan bersih dan rapi, tentu warga akan senang berobat,” imbuhnya.

Selain itu, sambung Gusnan sebagaimana laporan warga, pegawai dan staf puskesmas juga kurang maksimal memberikan pelayanan. Sebab dalam laporan tersebut, para perawat bermuka masam dan cuek. Untuk itu, dirinya berharap, agar ke depan pelayanan lebih maksimal. Perawat juga harus selalu menebar senyum pada pasien dan keluarganya, serta tidak berkata kasar.



“ kalau perawatnya bermuka masam, pasien bukannya segera sembuh, bisa jadi sakitnya tambah parah karena tidak suka dengan pelayanan kita,” beber Gusnan.

Kepada Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, M Redhwan Arif S Sos MPH yang ikut mendampingi Plt Bupati saat sidak tersebut juga kaget dengan adanya informasi keluhan warga terhadap pelayanan di puskesmas Suka Negeri yang kurang maksimal. Oleh karena itu, dirinya juga mengimbau agar pihak puskesmas dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.“ Ke depan kalau ada lagi keluhan pelayanan puskesmas yang tidak baik, sampaikan ke kami, nanti bisa kita evaluasi,” ujar Redhwan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Suka Negeri, Air Nipis, Suplimin SKM membantah jika selama ini lingkungan tidak dipedulikan. Hanya saja, dirinya tidak membantah jika saat kunjungan Plt Bupati Bengkulu Selatan ke puskesmas kemarin banyak sampah menumpuk serta lantai berdebu. Dirinya beralasan, lantai yang berdebu dan banyaknya sampah di lingkungan Puskesmas lantaran daerah tersebab habis digenangi air.

Sebab saat hujan deras, air masuk ke lingkungan puskesmas. Hal itu lantaran tidak ada saluran drainase.“ Petugas kami selalu membersihkan sampah, hanya saja tadi malam (kemarin malam red),digenangi air lantaran hujan deras, sehingga belum selesai dibersihkan oleh petugas,” ujarnya.

Selain itu, mengenai peralatan yang menumpuk diakuinya, lantaran puskesmas tidak punya gudang, sehingga disusun menumpuk. Dirinya berharap, ke depan ada pembangunan gudang, agar peralatan bisa disimpan di gudang. Mengenai pelayanan, dirinya berjanji akan mneingkatkan pelayanan, agar ke depan lebih maksimal. “ Terima kasih atas kepedulian Pak Plt Bupati, insya allah akan menjadi perhatian kami agar ke depan pelayanan lebih maksimal lagi,” terang Suplimin. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*