Puskesmas Bangun Jaya, Kekurangan Tenaga Medis

Foto : Ist

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk memberikan pelayanan khususnya pelayanan dalam bidang kesehatan bagi masyarakat Rejang Lebong khususnya di Kecamatan Bermani Ulu Raya. Saat ini Puskesmas Bangun Jaya yang ada di Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya masih kekurangan tenaga medis. Kepala Puskesmas Bangun Jaya, M Nasirmauludin menjelaskan saat ini tenaga medis yang tidak ada di Puskesmas rawat inap yang ia pimpin tersebut khususnya untuk tenaga gizi dan tenaga kesehatan lingkungan.

“Saat ini yang kurang di Puskesmas Bangun Jaya ini adalah tenaga ahli gizi dan kesehatan lingkungan,” paparnya.

Sebelumnya, Puskesmas tersebut juga tidak memiliki dokter, namun sekarang menurutnya sudah ada bahkan ditambah dokter Internsip. Dengan belum adanya tenaga medis khususnya ahli gizi dan kesehatan lingkungan tersebut, maka menurut Nasir, ia terpaksa merangkapkan tugas beberapa orang, padahal menurutnya masalah gizi dan kesehatan lingkungan tersebut seharusnya dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli dibidangnya.

“Kalau misalkan perawat jadi keuangan atau administrasi lainnya, itu tidak terlalu menjadi masalah karena umum, namun yang menjadi kendala ketika perawat kita jadikan petugas gizi, karena petugas gizi seharusnya dipegang oleh ahlinya,” sampai Nasir.



Begitu juga dengan kesehatan lingkungan sendiri, menurut Nasir kurang tepat bila ditangani oleh petugas medis dengan disiplin ilmu diluar disiplin kesehatan lingkungan. Petugas medis kesehatan lingkungan maupun gizi sendiri, menurut Nasir sangat mereka perlukan. Khususnya untuk petugas kesehatan lingkungan. Karena menurutnya, petugas kesehatan lingkungan ini merupakan petugas garda terdepan dalam melayani masyarakat dan mensosialisasikan terkait pentingnya kesehatan lingkungan masyarakat.

Terkait dengan kekurangan tenaga kesehatan di Puskesmas Bangun Jaya tersebut, Nasir mengaku sudah mengusulkan untuk penambahan petugas ke Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, ia berharap usulannya tersebut bisa direalisasikan sehingga pelayanan Puskesmas Bangun Jaya akan lebih maksimal lagi. (251)