Pusda Kurang Diminati

 
BENTENG, BE – Keberadaan Perpustakaan daerah di Bengkulu Tengah (Benteng) masih sangat minim dengan fasilitas dan jumlah buku. Bahkan perpustakaan ini belum maksimal difungsikan untuk meningkat minat baca masyarakat. Perpustakaan kurang diminati masyarakat. Setiap hari perpustakaan minim pengunjung. Bahkan pelaja pun jarang berkunjung ke perpustakaan untuk membaca atau meminjam buku.
Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah, Dra Yuhanah mengaku sudah berupaya untuk menarik perhatian masyarakat agar berminat membaca buku. Salah satunya membuka perpustakaan setiap hari untuk masyarakat umum.
“Masih sangat minim pengunjung yang datang ke perpustakaan ini, padahal sudah disosialisasikan maksimal,” terangnya.
Menurutnya, upaya lain yang sudah dilakukan, sejak tahun 2011 lalu sudah berjalan program perpustakaan masuk desa. Sebanyak 11 perpustakaan desa dibangun di 10 Kecamatan, menyajikan berbagai buku ilmu pengetahuan dan umum yang jumlahnya terbatas, hanya beberapa desa yang aktif dikunjungi warga.
“Keterbatasan jumlah buku dan sarana yang dikeluhkan,” ujarnya.
Dijelaskannya, dalam merealisasikan perannya sebagai lembaga yang meningkatkan minat baca. Pusda juga sudah difasilitasi dengan 1 unit mobil perpustakaan keliling. MObil Pusling ini membawa buku penting untuk dibaca masyarakat.
“Puskling dan Pusdes juga belum maksimal. Kita jadi perpustakaan terbaik nasional, mudah-mudahan ada bantuan ditahun 2013,” paparnya.
Ia menambahkan, jenis buku yang tersedia di perpustakaan antara lain, ilmu filsafat, sosial, agama, bahasa, kesenian, sastra, ilmu terapan, ilmu murni dan sejarah umum. Dalam waktu dekat akan melakukan supervisi dan evaluasi buku yang dibutuhkan masyarakat.
“Kita segera turun ke masyarakat dan menanyakan langsung buku dibutuhkan masyarakat, misalnya ilmu perkebunan dan pertanian,” tutupnya.(111)