Pupuk Subsidi untuk Poktan

pupuk-kompos-_111129162139-790
foto : IST

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong mendorong seluruh petani untuk masuk kelompok tani (Poktan). Sehingga akan mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah. Wakil Ketua I DPRD Lebong, Mahdi SSos mengatakan, untuk membantu para petani, pemerintah terus menyalurkan pupuk bersubsidi. Akan tetapi pupuk subsidi hanya bisa didapatkan oleh Poktan dan bukan perseorangan.

“Untuk itulah kami menyarankan agar para petani yang belum masuk Poktan, untuk segera bergabung,” jelasnya, kemarin (26/11).

Menurutnya, setelah masuk ke Poktan, maka para petani bisa secepatnya ikut dalam menyusun Rencana Defenitif
Kebutuhan Kelompok (RDKK) dan  mendapatkan pupuk bersubsidi. “Karena ini sangat membantu para petani itu sendiri,” sampainya.

Mahdi juga meminta, kepada seluruh petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) untuk lebih maksimal lagi dalam bekerja. Terutama mensosialisasikan dan membantu para petani dalam menyusun RDKK yang masih banyak para petani yang belum mengerti.

“Jangan seperti selama ini masih banyak PPL yang hanya menunggu RDKK dari para petani, sehingga para petani yang tidak mengerti masih banyak kesalahan dalam penyusunan RDKK,” ucapnya.

Dengan meningkatnya peran para PPL, maka harapan dari pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pada sektor pertanian bisa terwujud. Apalagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong sangat fokus untuk menjadikan Lebong sebagai daerah lumbung padi. “Dukungan dari semua pihak harus ada, jadi tugas PPL harus lebih maksimal lagi,” tutup Mahdi.(614).