PUPR Rehab Irigasi 4 Kecamatan

pantau proyek irigasi
IST/Bengkulu Ekspress 
PANTAU: Kadis PUPR dan rombongan saat memantau pengerjakan rehabilitasi jaringan irigasi di Kedurang, Sabtu (26/5).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Selatan (BS), Ir Silustero melalui kabid Cipta Karya, Yopriadi ST mengatakan, tahun ini pihaknya memiliki program perbaikan atau rehabilitasi jaringan irigasi. Ada 12 titik jaringan irigasi yang direhab. “ Tahun ini kami merehab 12 titik jaringan irigasi yang tersebar di 4 Kecamatan,” katanya.

Yopriadi ke-12 titik jarigan irigasi yang direhab yakni di kecamatan Pino, Pino Raya, Kedurang dan Seginim. Hal itu lantaran jaringan irigasi di ke-4 Kecamatan sudah rusak. Sehingga jika tidak segera diperbaiki, maka dikhawatirkan produksi padi akan turun. “ Di 4 kecamatan tersebut, jaringan irigasinya sudah rusak dan perlu segera diperbaiki,” ujarnya.

Yopriadi menjelaskan, ke-12 titik proyek rehab irigasi tersebut saat ini sudah berjalan. Bahkan sebagian pengerjaannya sudah diatas 50 persen. Seperti pembanguan irigasi Air Putih di Desa Muara Payang sepanjang 174 meter yang dikerjakan CV Nayla Utama bahkan sudah mencapai 90 persen. Kemudian pembangunan saluran irigasi Induk Air Lubuk Napalan, Desa Muara Tiga, Kedurang, yang menelan dana Rp 1,2 M sudha mencapai 50 persen.

“ Alhamdulillah, saat ini pembangunan irigasi tersebut sudah berjalan, mudah-mudahan selesai tepat waktu dan bisa segera dimanfaatka petani untuk mengairi sawah mereka, agar produksi padi mereka lebih maksimal lagi,” demikian Yopriadi. (369)