PUPR Bangun Jalan Khusus Motor

lampu jalan a yani diusut
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu akan membangun jalur khusus roda dua di setiap jalan protokol yang ada di Kota Bengkulu. Selain sebagai wujud peningkatan kualitas infrastruktur, juga untuk mengurai kemacetan dan membuat tatanan lalu lintas menjadi lebih rapi.

“Insya Allah kalau rumija (ruang milik jalan) cukup akan kita buat jalur khusus sepeda motor,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota, Rozy Ismariandi, kemarin (25/7).

Jalur khusus motor ini rencananya akan direalisasikan di tahun 2018 ini dan akan dikerjakan secara berkelanjutan sesuai dengan tingkat kebutuhan, terutama di titik-titik kemacetan.  Pun demikian, pihaknya akan menyesuaikan terlebih dahulu dengan ruang milik jalan. Jika tidak memungkinkan maka hanya akan dibangun trotoar.

“Pembangunan ini berdasarkan garis sempadan bangunan dan garis sepadan pagar, itu juga dilihat dari luas jalan yang akan dibangun,” terangnya.

Pembangunan ini juga berdasarkan literatur dari kota-kota besar lainnya seperti di Jakarta. Untuk itu, menginggat pertumbuhan penduduk juga semakin meningkat, maka jumlah kendaraan juga meningkat, sehingga pemerintah akan mengantisipasi kemacetan ini dengan meningkatkan infrastruktur jalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.  “Sehingga jalan-jalan di Bengkulu ini memang layak, apalagi Kota Bengkulu merupakan wajah dari Provinsi Bengkulu,” pungkasnya. (805)