Tidak Pakai Terpal, Puluhan Truk BB Terjaring Razia

PONDOK KELAPA, BE – Masih banyaknya truk batubara membandel tidak menggunakan terpal penutup saar melintas di jalan raya, mendapat sorotan Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Pariwisata (Dishubkominfopar). Kemarin, Dishubkominfopar menindaklanjutinya dengan melaksanakan razia di terminal terpadu Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa. Hasilnya puluhan truk batubara dan angkutan umum pun terjaring. Saat razia pun banyak angkutan memilih balik arah untuk menghindari razia.

Kasi oprasioanal Dishubkominfopar,Zainal Abidin, yang memimpin razia menuturkan, ”Razia ini menindak lanjuti instruksi Bupati Ferry Ramli SH. Kita harus menertibkan angkutan tidak sesuai izin, dan truk batubara tanpa penutup yang melintas di wilayah Bumi Gunung Bungkuk ini,” .

Dalam razia kemarin sopir yang dari kejauhan sudah melihat ada razia, banyak yang kabur. Mereka lebih memilih putar arah untuk menghindari razia. Namun begitu masih banyak juga kendaraan yang terjaring. Dishub mendata semua truk dan angkutan yang melintas. Selain truk batubara, angkutan penumpang umum juga dirazia. Banyak pelanggaran yang dilakukan sopir truk. Mulai dari tidak menggunakan penutup, over kapasitas, dan tidak menggunakan peralatan standar.

Termasuk sudah habisnya masa perizinan. Terhadap pelanggaran ini Dishub masih memberikan toleransi.
“Kita berikan kesempatan untuk melengkapinya. Namun jika terjaring lagi kita tindak tegas.  Semua nomor kendaraan yang terjaring sudah dicatat petugas,” tukasnya.

Sanski tegas dimaksud pencabutan izin operasional angkutan membandel tersebut.
Zainal menegaskan razia serupa bakal terus diintensifkan, setidaknya 3 bulan sekali.
 (160)