Puluhan Toko di Glodok Jaya Dilalap Api

JAKARTA – Puluhan unit toko di Kawasan Glodok, Jakarta Barat dilalap api, Rabu (6/2) siang. Informasi yang dihimpun, kebakaran dimulai melanda sebuah toko di Komplek Glodok Jaya. Banyaknya barang mudah terbakar membuat api sulit dipadamkan.  “Api membakar satu komplek pertokoan, sekitar 22 unit,” kata Sutarno, Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran DKI Jakarta.Dinas pemadam kebakaran menurunkan 34 unit pemadam. Namun, hingga pukul 15.00 siang, api belum berhasil dijinakkan.

 

Tim pemadaman kebakaran berupaya memadamkan api di Glodok Jaya
Tim pemadaman kebakaran berupaya memadamkan api di Glodok Jaya

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) kesulitan menjinakan api yang melalap puluhan rumah toko (Ruko) di Kompleks Glodok Jaya, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Rabu (6/2). Penjinak api ini dihalangi oleh trali besi yang menjadi pengamanan ruko.

Dari pantauan, akses masuk yang sempit menghambat petugas masuk ke dalam kompleks pertokoan. “Kita sangat kesulitan memadamkan api, karena terali dan akses masuk yang kecil. Sehingga mobil (Damkar) susah ke dalam,” tutur Kasudin Damkar Jakarta Barat Abdul Karim.

Sejumlah masyarakat yang menyaksikan kebakaraan mengungkapkan hal yang sama. “Dari tadi petugas susah untuk masuk ke dalam. Hanya menyiran dari luar saja,” tutur Dita, masyarakat sekitar.

Informasi dihimpun, kebakaran ini diduga dikarenakan korsleting dari genset salah satu Ruko. “Mungkin dikarenakan korsleting dari genset salah satu toko. Karena sekitar jam 10 di sini lampu padam,” tutur Alex salah satu penjaga Ruko.

Abdul, warga lain juga menyatakan hal yang sama. Ia pun meminta aparat untuk menyelidiki kasus ini agar bisa diketahui penyebabnya. “Dicurigai sumber api dari genset. Tapi kita tunggu penyelidikan lebih lanjut,” tutupnya. (ian/jpnn)