Puluhan Tim Berkompetisi di PCTA

Tim dari Universitas Bengkulu mampu menjawab dengan apik pertanyaan dari juri, ia juga membentangkan spanduk sebagai duta anti narkoba.
1. Endang/Bengkulu Ekspress
Tim dari Universitas Bengkulu mampu menjawab dengan apik pertanyaan dari juri, ia juga membentangkan spanduk sebagai duta anti narkoba.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Sebanyak 10 tim dari perwakilan Perguruan Tinggi se-Provinsi Bengkulu, berkompetisi pada lomba Diskusi Parade Cinta Tanah Air (PCTA). Kegiatan yang gelar di Hotel Ananda tersebut, lanjutan dari kompetisi PCTA jenjang SMA/SMK. Kegiatan ini juga dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu bersama dengan Kementerian Pertahanan Bengkulu, dengan tema “Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba dan Cinta Tanah Air”

“Dari 22 Perguruan Tinggi, hanya 6 Perguruan tinggi yang mengirim, itu pun satu perguruan tinggi yang kita targetkan mengirim 1 tim. Terpaksa kita perbolehkan mengirim 2 hingga 3 tim,” ungkap Kepala Wilayah Kementerian Pertahanan Bengkulu Kolonel Laut (PM) Syahril Bakri SH MAP MH.

Minimnya peserta tak membuat surut panitia untuk tetap mengirimkan peserta terbaik asal Bengkulu ke lomba PCTA tingkat nasional nanatinya. Pada kegiatan yang sudah dilaksanakan kali ketujuh ini, Bengkulu telah diperhitungkan dikancah nasional.



“Bengkulu sudah pernah menyabet juara I tingkat Mahasiswa/mahasiswi, sehingga SDM kita diperhitungkan di tingkat nasional, ” jelasnya.

Pantauan Bengkulu Ekspress di lokasi lomba, masing-masing tim diberikan kesempatan mendapat pertanyaan dari dewan juri dari unsur Badan Narkotika Nasional Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Provinsi Bengkulu dan Kementerian Pertahanan. Kemampuan peserta baik segi wawasan, talenta dan kemampuan dalam berbicara menjadi salah satu penilaian tim juri.
Para peserta dicetak menjadi generasi yang cinta tanah air, dan menjadi duta melawan narkoba. Dengan harapan membentuk pemimpin yang hebat dan memiliki jiwa membela negara Indonesia dapat terwujud.

Bila tidak ada kendala, besok (hari ini, red), panitia akan mengumumkan siapa saja pemenang lomba diskusi PCTA ini. Pemenang pertama berhak mewakili Provinsi Bengkulu pada lomba diskusi PCTA nasional yang diselenggarakan akhir Agustus 2018. (247)