Puluhan Ternak di Lebong Diduga Diserang Flu Burung


ERICK/BE
MATI: Terlihat hewan ternak milik warga mati secara tiba-tiba dan diduga diserang virus flu burung.

LEBONG, bengkuluekspress.com  – Dalam 3 hari terakhir, puluhan hewan ternak seperti ayam dan bebek milik warga Desa Sukau Rajo Kecamatan Amen Kabupaten Lebong mati secara mendadak. Diduga penyebabnya kematian dari hewan peliharaan tersebut, dikarenakan diserang virus influenza tipe A atau flu burung.
Salah seorang warga Sukau Rajo Kabupaten Lebong, Andes mengatakan, bahwa setidaknya ada 10 ekor ayam dan bebek miliknya yang mati secara mendadak. Sebelumnya hewan peliharaan itu, tanpa menunjukan gejala terserang penyakit.
“Pada pagi hari ayam dan bebek saya sehat-sehat saja, namun tiba-tiba sudah mati,” sampainya, Minggu (20/09).

Ditambahkan Andes, hewan ternak yang mati bukan hanya milik dirinya saja. Akan tetapi juga dialami beberapa warga Desa Sukau Rajo lainnya yang jumlahnya mencapai puluhan ekor. “Terbanyak yang mati tiba-tiba bebek,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sukau Rajo, Heriyanto menjelaskan, nantinya untuk masalah ini akan disampaikan kepada pemerintah. Sehingga bisa segera diturunkan tim atau petugas kesehatan hewan untuk mengantisipasi membantu adanya dugaan flu burung di wilayahnya.
“Akan kita laporkan atas permasalahan yang kita alami,” ucapnya.
Ia mengimbau, kepada masyarakat yang hewan ternaknya mati, agar tidak membuangnya di saluran irigasi. Karena dikhawatirkan virus yang diduga flu burung dapat menyebar dan menyerang hewan ternak lainnya.
“Hewan yang telah mati lebih baik kita kubur didalam tanah atau dibakar,” imbaunya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*