Puluhan Surat Suara Rusak

Bengkulu Tengah
Bakti/Bengkulu Ekspress. Komisioner KPU Kabupaten Benteng, Supirman SAg MH menunjukkan surat suara yang rusak, Senin (23/1) kemarin.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mulai melakukan pelipatan surat suara (susu).

Dihari pertama, Senin (23/1) kemarin, sebanyak 70 lembar surat suara ditemukan rusak. Baik dikarenakan terlipat saat proses pencetakan maupun terdapat tinta hitam di salah satu foto pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati.

Ketika dikonfirmasi, Komisioner KPU Kabupaten Benteng, Supirman SAg MH membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kerusakan surat suara masih dalam tanggung jawab pihak percetakan di Klaten, Jawa Tengah (Jateng).
Pihaknya pun akan segera melakukan pendataan terhadap surat suara yang rusak dan menyampaikan ke pihak percetakan untuk dilakukan pencetakan ulang.

“Yang rusak ini akan kita sampaikan ke pihak percetakan untuk dicetak ulang. Untuk itu, kita akan lihat dulu berapa banyak yang mengalami kerusakan. Pada intinya, jangan sampai surat suara kurang saat hari pencoblosan nanti,” jelas Supirman.

Dijelaskan Supirman, untuk mempercepat proses pelipatan susu tersebut, pihaknya mempekerjakan 20 orang yang terdiri dari 12 orang warga di sekitar kantor KPU dan 8 orang staf KPU Kabupaten Benteng.

“Pelipatan surata suara hanya akan kita lakukan pada siang hari. Sesuai kesepakatan, tiap lembar surat suara diupah Rp 150 rupiah. Hingga sore ini (kemarin) kita sudah melakukan pelipatan terhadap 27.974 lembar surat suara,” ungkap Supirman.

Selain itu, kata Supirman, pihaknya telah menyurati seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyampaikan gambaran tentang jarak dan lokasi masing-masing KPPS.

Sebab, seluruh logistik pilkada sudah harus tiba di KPPS paling lambat tanggal 14 Februari 2017 atau H-1 jelang pencoblosan, yakni tanggal 15 Februari 2017.

“Untuk pendistribusian logistik, kita akan prioritaskan TPS yang sulit dijangkau. Berpedoman dengan pilkada sebelumnya, ada sebanyak 30 TPS sulit dijangkau di Kabupaten Benteng ini,” tutup Supirman.(135)