Puluhan Sekolah Dijabat Plt

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Jabatan kepala sekolah (Kepsek) di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Mukomuko, masih banyak dijabat Pelaksana Tugas (Plt). ”Lebih dari 20 sekolah, Kepseknya masih dijabat Plt,” sampai Kepala Dispendikbud Kabupaten Mukomuko, Winarto SPd ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, alasan puluhan sekolah dijabat Plt Kepsek, dikarenakan ada Kepsek definitif yang mengundurkan diri dan ada pula yang belum memenuhi persyaratan. ”Kedua alasan itu, baik di SD maupun SLTP masih banyak dijabat Plt Kepsek,”katanya.



Kendati demikian, kewenangan dan aktifitas belajar dan mengajar di puluhan sekolah itu tetap berjalan dengan baik. Direncanakan dalam waktu dekat, puluhan sekolah itu segera diisi Kepsek definitif. ”Tahun ini, puluhan sekolah itu akan diisi Kepsek definitif, saat ini tengah dipersiapkan. Diantaranya, mengkaji lebih lanjut persyaratan seseorang PNS yang akan diangkat sebagai Kepsek,”katanya.

Selain itu,lanjut Winarto, untuk pemerataan tenaga guru juga akan di evaluasi. Selain dikarenakan, memang masih banyak kekurangan tenaga guru di daerah ini, juga dalam penempatan tenaga guru akan dievaluasi. Untuk menutup kekurangan tenga guru,Pemkab Mukomuko tetap mempertahankan tenaga honor dearah atau tenaga kontrak yang setiap tahun diperpanjang hingga tahun 2019 ini. ”Selain Kepsek akan didefintifkan, penempatan tenaga guru khususnya tenaga PNS juga akan dievaluasi,” lanjut Winarto.(900)