Puluhan Rumah Warga BS Memprihatinkan

MANNA, BE – Puluhan rumah warga di Desa Jeranglah Tinggi, Manna, Bengkulu Selatan (BS), membutuhkan perbaikan dari pemerintah, karena kondisinya memprihatinkan. Hal ini disampaikan Kades Jeranglah Tinggi, Zukman Fajri, kepada BE belum lama ini.
Kata Zukman, jumlah rumah yang betul-betul butuh dibantu perbaikan itu, sekira 37 unit. Pasalnya, pemilik rumah bukan berasal dari kalangan keluarga mampu –bahkan diantaranya ada yang sudah berusia uzur–, yang mencari nafkah hanya untuk kebutuhan sehari-hari.
“Rata-rata rumah itu sudah layak direhab. Namun karena pemiliknya tidak memiliki uang, meski sudah tidak layak huni, rumah itu masih mereka tinggali,” ujar Zukman.
Salah satu rumah yang kondisinya memprihatinkan itu, ungkap Zukman, yaitu rumah yang ditempati seorang nenek. Rumah itu sebagian berdinding bata, sebagian lagi berdiding papan, beratap seng, berlantai tanah, serta menggunakan penerangan lampu teplok.
“Dengan kondisi ini, saya berharap, pemerintah bisa membantu merehab rumah warga yang kondisinya memprihatinkan itu. Misalkan dimasukkan ke program bedah rumah,” harap Zukman.(369)