Puluhan Rumah Terendam

Bakti/Bengkulu EkspressBANJIR : Puluhan rumah warga di Desa Talang Empat dan Taba Tarunjam, Kecamatan Karang Tinggi kebanjiran, Kamis (25/4).

KARANG TINGGI, Bengkulu Ekspress– Puluhan rumah rumah di Desa Taba Tarunjam dan Talang Empat, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mengalami kebanjiran. Pantauan BE di lapangan, ketinggian air yang berisar 30-50 centimeter (Cm) tersebut berasal dari luapan air Sungai Bengkulu. Air berwarna kecoklatan tersebut mulai memasuki rumah warga sejak Kamis (24/4) dinihari. Tak ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut, hanya saja beberapa barang berharga seperti kasur, pakaian, bahan makanan serta alat-alat elektronik terpaksa diungsikan sementara ke lokasi yang lebih tinggi agar tak mengalami kerusakan.

Warga Desa Taba Tarunjam, Asep Ardiansyah mengungkapkan, banjir terjadi sejak pukul 02.00 WIB, Kamis dinihari. Seperti yang pernah dialami sebelumnya, banjir terjadi akibat luapan air yang diduga tak mampu menampung debit air yang berasal dari arah pegunungan.

“Hujan deras memang terjadi sejak Rabu (23/4) sore dan berlangsung hingga malam hari. Dampaknya, Sungai meluap hingga memasuki rumah warga. Selain itu, air Sungai Bengkulu yang meluap dikarenakan tak mampu menampung air kiriman dari berbagai anak sungai di Kabupaten Benteng,” ungkap Asep.

Dari beberapa rumah yang terdampak, tambahnya, sebagian rumah hanya digenangi air pada bagian teras. Namun, pada rumah yang memiliki fondasi lebih rendah, luapan air masuk hingga ke seluruh ruangan rumah. “Kami harap, hujan tak berlanjut agar banjir segera berakhir. Jika terjadi hujan susulan, banjir tentu akan masih terjadi bahkan dengan kendalaman yang lebih tinggi,” harap Asep.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*