Puluhan Kendaraan Terjebak Longsor

IST/BE
EVAKUASI: Bupati BS bersama warga bergotong-royong mengevakuasi material yang menimpa badan jalan, Rabu (27/5) malam.

ULU MANNA, Bengkuluekspress.com – Curah hujan yang lebat mengguyur dua malam terakhir di Bengkulu Selatan (BS), telah menyebabkan tanah longsor. Seperti di kawasan kecamatan Ulu Manna. Tanah longsor tersebut menutupi badan jalan dan mengakibatkan arus lalu lintas terputus. Akibatnya puluhan kendaraan terjebak.

” Ada mobil dan motor pengangkut sayur dan ayam dari arah pagar alam mau ke BS dan ada juga kendaraan dari BS mau ke arah Pagar Alam,” kata Toni, salah satu warga di lokasi tanah longsor tersebut.

Dikatakannya, tanah longsor yang menutupi badan jalan terjadi, Rabu (27/5) malam mulai sekitar pukul 20:15 WIB. Adapun lokasinya di Desa Kayu Ajaran, Ulu Manna.

Akibatnya semua badan jalan tertutup, badan jalan yang tertimbun longsor sepanjang 50 meter, sehingga baik kendaraan roda dua maupun roda empat tidak ada yang bisa melintas. Akibatnya antrian panjang menunggu jalan terbuka kembali.

” Untung saat longsor sedang sepi, sehingga tidak ada pengendara yang tertimpa longsor,” ujar Toni.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM membenarkan adanya kejadian longsor yang menutupo badan jalan tersebut. Dirinya mengaku setelah mendapat informasi langsung terjun ke lokasi.

Mengingat saat itu banyak kendaraan yang terjebak. Evakuasi longsor tidak hanya menggunakan alat berat. Namun dirinya bersama warga bergotong-royong secara manual.

” Alhamdulillah tengah malam sudah mulai terbuka, yang penting kendaraan sudah bisa lewat,” kata Gusnan.

Ditambahkan Gusnan, meskipun kendaraan sudah bisa melintas, evakuasi material tanah dan bebatuan yang menutupo badan jalan terus dilanjutkan. Sehingga pagi kemarin semua material berhasil disingkirkan. Sehingga akses lalu lintas Manna- Pagar Alam normal kembali.

” Bagi pengendara yang mau melintas harus berhati-hati, sebab dilokasi bekad longsor jalan masih licin, selain ini dikhawatirkan terjadi lagi longsor susulan,” imbau Gusnan. (369)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*