Puluhan Karya Seni Siswa Tampil di GSMS Rejang Lebong

FOTO ARY/BE – Penampilan seni tari dalam kegiatan pentas akhir pembelajaran program Gerakan Seniman Masuk Sekolah di Kabupaten Rejang Lebong Selasa (19/11) kemarin.

CURUP, bengkuluekspress.com – Sebanyak 21 karya seni siswa dalam program Gerakan Seniman Masuk Sekolah ditampilkan. Hasil dari prgram GSMS tersebut ditampilkan pada kegiatan Pentas Akhir Pembelajaran GSMS Rejang Lebong yang dilaksanakan dalam kegiatan pra event Garden Flower Festival 2019 di Danau Mas Harun Bastari Selasa (19/11) kemarin.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Redho Yusawi MPd mengungkapkan, pada tahun 2019 ini Kabupaten Rejang Lebong dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan GSMS bersama 59 kabupaten dan kota lain di tanah air. Kegiatan GSMS di Kabupaten Rejang Lebong tersebut dilaksanakan di 21 sekolah (SD dan SMP) di Kabupaten Rejang Lebong dengan melibatkan berbagai jenis seniman mulai dari musik, tari, peran, lukis hingga pantomime.

“Kegiatan kita hari ini adalah pentas akhir dari karya para seniman yang mereka ajarkan pada siswa disekolah-sekolah yang mendapat program GSMS,” paparnya.

FOTO ARY/BE – Penampilan seni tari dalam kegiatan pentas akhir pembelajaran program Gerakan Seniman Masuk Sekolah di Kabupaten Rejang Lebong Selasa (19/11) kemarin.

Dalam program GSMS ini, pembinaan seni tidak hanya dilakukan guru-guru kesenian yang ada di sekolah-sekolah, namun mendatangkan langsung seniman-seniman yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan pentas akhir pembelajaran GSMS Rejang Lebong ini dilaksanakan selama dua hari, kemarin (19/11) dan hari ini (20/11). Untuk hari ini kegiatan akan menampilkan karya kolosal dari seluruh seniman yang tergabung dalam kegiatan GSMS. Bahkan hari ini juga akan ditampilkan Anak anak Rejang Lebong yang tampil di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan.

Sementara itu, Tim Perumus GSMS Rejang Lebong sekaligus Ketua TP PKK Rejang Lebong Fitri Hertikasari A Hijazi mengungkapkan, kegiatan GSMS yang telah dilaksanakan dalam beberapa bulan terakhir di Kaupaten Rejang Lebong memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat GSMS adalah meningkatkan kecintaan kepada seni dan budaya.

“GSMS yang merupakan program Kemendikbud ini sangat bagus sekali terutama untuk meningkatkan kecintaan pada seni dan budaya,” sampai Fitri Hertikasari A Hijazi yang akrab disapa Bunda Fitri tersebut.

Menurut Bunda Fitri, kegiatan GSMS bisa meningkatkan kecintaan pada seni dan budaya terutama seni dan budaya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurutnya dengan adanya GSMS para pelajar di Kabupaten Rejang Lebong bisa mengenal seni dan budaya sejak dini dan lebih mendalam lagi, karena materi yang diberikan lebih luas dibandingkan dengan materi yang diberikan guru kesenian disekolah masing-masing.

“Dengan kegiatan GSMS ini juga memberikan kesempatan kepada seniman untuk berkayar dan membagi ilmu mereka,” tambah bunda.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Fitri juga menyampaikan terima kasih dan apreasiasinya kepada semua pihaknya telah ikut menyukseskan program GSMS di Kabupaten Rejang Lebong. Selain itu ia juga mengharapkan para siswa SD dan SMP yang menampilkan hasil GSMS kemarin bisa menampilkan ilmu yang mereka raih dengan sebaik mungkin. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*