Puluhan Hektar Padi Diserang Tikus

SERANG Hamparan sawa di Kecamatan Muarah Sahung yang menguning dan siap panen kemarinm (411MUARA SAHUNG,BE- Sejumlah petani di Kecamatan Muara Sahung mulai mengeluh. Pasalnya padi sawah mereka banyak  menguning, sementara buah padi belum keluar. Hal ini bukan lantaran penyakit daun atau sejenisnya. Namun disebabkan banyaknya tikus sawah menggrogoti batang padi membuat padi tidak bisa tumbuh subur.
“Kondisi ini sudah disampaikan kepada pihak terkait salah satunya petugas lapangan (PL) warga berharap dapat tindakan cepat dari dinas terkait,” kata H Djamian Khatmir, BA dari Praksi PKB asal Dapil 2, kemarin.
Menurut anggota DPRD Kaur   berdomisili di Kecamatan Muara Sahung ini, kondisi padi  terparah dialami para petani di desa Ulak Bandung, Kecamatan Muara Sahung. Dalam satu hamparan sawah hampir merata mengalami serangan tikus sawah. Serangan tikus ini sulit diberantas, sebab para tikus tersebut bersembunyi pada siang hari dan menggelar aksinya pada saat malam hari.  “Petani juga berharap ada bantuan racun tikus serta teknis meracunnya dibimbing oleh Dinas Pertanian supaya tikus  merusak dapat diberantas,” katanya.
Menurutnya bukan hanya dihamparan sawah ulak bandung saja yang mengalami hal demikian namun juga terjadi dibeberap hamparan sawah lain disekitar desa tersebut. Bahkan saat ini mulai menyeluruh menyerang padi warga disekitar kecamatan Muara Sahung.  “Petani saat ini sangat berharap dinas terkait lansung melakukan pengecekan sehingga bisa ditanggulangi,” harapnya.(618)