Pulihkan Ekonomi, Pelaku Pariwisata dan UMKM Kaur Dilatih

FOTO BERSAMA: Para peserta saat foto bersama dengan Asisten, Kapolsek, GSPI usai mengikuti pelatihan di pantai pengubayan, Senin (16/9)

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Para pelaku pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kaur mendapat pelatihan kewirausahaan dari Gerakan Sosial Peduli Indonesia (GSPI), Rabu (16/9). Pelatihan yang digelar di pantai pengubayan Kecamatan Kaur Selatan dan bekerjasama dengan Pemkab Kaur itu merupakan bagian dari upaya percepatan pemulihan ekonomi masyarakat setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Dimasa Covid-19 ini para pelaku pariwisata dan UMKM harus mendapat perhatian khusus, khususnya di wilayah Kaur ini UMKM dapat bangkit dan optimis karena roda perekonomian kembali berputar,” kata Ketua Umum Pusat GSPI Donda Haryanti Purba dalam sambutannya, Rabu (16/9).

Dikatakannya, pelatihan yang dilakukan, antara lain untuk pemandu wisata, pelaku kerajinan, pengolahan hasil kuliner, pertanian, perikanan hingga kewirausahaan agar bisa meningkatkan pemasaran secara digital. Ia juga berharap agar para pelaku pariwisata dan UMKM Kaur memiliki bekal pengetahuan, dalam menghadapi perubahan penurunan pemasaran dan beradaptasi dengan pandemi Covid-19.

“Melalui pelatihan ini kita harap para pengerak wisata dan UMKM terus berkarya ditengah Covid-19 ini. Pelaku UMKM diharapkan mempunyai bekal pengetahuan untuk bisa menyesuaikan terhadap perubahan perubahan yang ada, sehingga eknomi masyarakat kembali normal,” harapnya.

Sementara itu, dalam acara pelatihan yang dikuti sekitar 30 peserta dan dihadiri Asisten I Sekda Kaur Zailan S Pd, Kapolres Kaur AKBP Puji Prayitno SIK MH dan dinas terkait itu. Zailan dalam sambutannya menyampaikan, ia menyambut baik kegiatan pelatihan ini guna memberikan penguatan dan mendorong pelaku pariwisata dan UMKM khususnya di Kabupaten Kaur agar berkembang.

“Covid-19 telah membuat UMKM di Kaur terpuruk. Saya Berterimakasih kepada GSPI yang melatih pelaku UMKM disini agar bisa bangkit. Saya berharap peserta pelatihan ini dapat mengembangkan usahanya dengan baik,” harapnya. (irul)