Pulang, Perantau Bengkulu Cangkul Ibu dan Tikam Adik

SIMALUNGUN – Nursalam br Manurung (65) menyebut anak kandungnya James Uba Irwan Marpaung (38) melebihi kelakuan Si anak durhaka yang tidak mengakui ibunya.   Nursalam kesal karena anaknya ini tega mencangkulnya dan mencekik serta menikam adiknya sendiri. Kelakuan James ini diduga dipicu kejiwaan James yang tidak stabil sejak ditinggal istrinya Lusianda br Ambarita (38).
“Lobi-lobi si Mardan do anakki (Melebihi si Mardan anakku ini, red) itu. Saya dirawat di rumah sakit tiga minggu karena dicangkulnya, sekalipun dia tidak pernah datang menjengukku. Begitu juga waktu di dukun patah, dia juga tidak datang,” ujar Nursalam saat ditemui di Polsek Bangun, Sabtu (13/10).

Saat diperiksa di Polsek Bangun, Nursalam juga meminta kepada petugas agar anaknya itu tidak disiksa selama ditahanan. Namun dia rela anaknya ini dihukum beberapa tahun dengan harapan setelah menjalani masa hukuman anaknya ini dapat lebih dewasa dalam menghadapi masalah.

Penuturan Rivai Yorlin Marpaung (28) adik James pernah merantau ke Bengkulu dengan istrinya selama dua bulan untuk mengadu nasib. Dua bulan menetap di Bengkulu, James menderita sakit malaria yang cukup parah, hingga istri tak mampu membiayai perobatannya.  Akhirnya James dibawa pulang kampung.(**)