Puasa, Harga Ikan Melambung

Harga ikan di Pasar Purwo Dadi Arga Makmur sejak beberapa waktu terakhir melambung. Kondisi tersebut diperkirakan terus terjadi, hingga masuk puasa iniARGA MAKMUR, BE-Sejak beberapa hari ini lalu, harga ikan di Pasar Purwodadi Arga Makmur melambung tinggi. Seperti ikan tongkol, harga normal Rp 15 ribu, kini naik menjadi Rp 20 ribu hingga 25 ribu per kg. Diperkirakan, kondisi ini akan terus terjadi hingga beberapa waku di bulan puasa 1434 H ini. Penyebabnya, masalah cuaca, yakni hujan lebat disertai angin kencang.
Pantauan BE di pasar, harga ikan tuna Rp 18 ribu menjadi Rp 22 ribu per kg. Demikian jenis ikan lainnya ikut melambung. Dikatakan salah seorang pedagang ikan, Yanto (28) kondisi harga yang tinggi itu karena stok ikan untuk didistribusikan dari kota Bengkulu ke Arga Makmur kini sangat minim. Diketahui, nelayan tidak melaut karena badai.
“Hanya sedikti nelayan yang melaut, dan itupun ikannya memang sedikit karena badai dan hujan terus ini, mau tidak mau distributor ikan menaikkan harga dan kita tentunya sebagai pedagang mengikuti kenikan harga, karena semenjak badai ini ikan susah dan sedikit sekali,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perindag Bengkulu Utara (BU), Drs H Yarmidal SE MM membenarkan adanya kenaikan harga ikan. Menurutnya, tidak hanya harga ikan saja melambung, beberapa harga bahan pokok memang sudah naik lebih dulu sebelumnya karena kebutuhan yang meningkat.
“Ikan memang susah kalau badai dan musim hujan seperti ini, dan kembali normal jika jumlah ikan sudah cukup memenuhi kebutuhan, hukum pasar juga berlaku,” Jelas Yarmidal. (117)