PTSL untuk 6000 Persil

Surahman

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Badan Pertanian Nasional (BPN) Bengkulu Selatan (BS) Surahman ST MH mengatakan, tahun 2020 ini, BPN BS kembali merealisasikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Tahun 2020, program PTSL ini sebanyak 6000 bidang,” kata Surahman saat diwawancarai BE.

Dikatakan Surahman, program PTSL ini setiap tahun selalu bergulir di BS. Pada 2019 lalu sebanyak 6.120 persil. Tahun ini sebanyak 6000 persil.

Adapun lokasinya yakni direncanakan di Kecamatan Pasar Manna, Kota Manna, Kedurang, Pino Raya, Pino, Seginim dan Kedurang Ilir.

“Saat ini kami mulai sosialisasi ke warga, agar nanti mereka mengetahui jika tahun ini ada lagi program PTSL tersebut,”ujarnya.

Dijelaskannya, dengan adanya program ini, sangat bermanfaat bagi warga.Sebab lahan mereka nanti ada bukti kepemilikannya sehingga nanti tidak dapat diklaim orang lain.

Sebab, dengan adanya program ini, lahan mereka mendapatkan bukti sertifikat hak milik atas lahan tersebut.“Adanya program ini sangat penting bagi warga, agar ada kepastian hukum atas lahan mereka, dan tidak memiliki permasalahan dikemudian hari terkait kepemilikan lahan tersebut,” demikian Surahman. (369)