PT Asdam Jaya Bantah Cemari Air Lais

limbah PT Asdam Jaya belum dibersihkan, hanya ditimbun dengan koralARGA MAKMUR, BE – Terkait tercemarnya lingkungan dan sungai Air Lais di Desa Gunung Selan Kecamatan Argamakmur yang diduga akibat limbah PT Asdam Jaya, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) sudah mengambil sampel air sungai. Manajemen perusahaan tersebut pun sudah diminta meneyedot limbah pembuangan milik perusahaan itu.

Namun, manajemen PT Asdam Jaya hingga saat ini masih membantah pencemaran tersebut. Penyedotan limbah pun tak akan dilakukan, walau sudah berserakan di areal kebun sawit warga dan aliran limbah ke sungai. Sementara, untuk limbah yang ada hanya ditutup dengan timbunan koral yang tidak secara merata, hingga masih merusak lingkungan.

Kepala BLH BU, Alex Pirmansyah melalui Rudi Kurniawan selaku Kabid Pengelola Pencemaran Lingkungan mengatakan kalaupun pihak perusahaan tersebut membantah dan tidak mau menyedot ataupun membuat tempat pembuangan permanen, maka akan pihaknya akan memanggil pihak manager operasional perusahaan itu, untuk segera bertanggungjawab. Jika nantinya tidak sanggup, maka aktivitas perusahaan akan ditutup,
“Kita tetap awasi dulu selama dua hari sekali. Kita masih beri kesempatan untuk membersihkan limbah yang berserakan itu.

Bukan ditutup ataupun ditimbun dengan koral, namun limbah itu harus disedot dan buat penampungan limbah permanen, jika tak dihiraukan kita akan tutup perusaahan itu, apalagi dugaan kuat sudah mencemari lingkungan dan sungai,” jelas Rudi. (117)

  • Drs. Iksannazir, SH 17 Maret 2013 at 20:29

    PT ASDAM JAYA, fatut diduga punya pejabat pu prop bengkulu bernama AR