PT Agricinal Bengkulu Utara Didemo 5 Desa Penyanggah


IST/BE
Beginilah saat aksi demo berlangaung yang dilakukan oleh 5 desa penyanggah di PT Agricinal, Senin (12/10).

PUTRI HIJAU, bengkuluekspress.com– Masyarakat 5 desa penyangga melakukan aksi demo, Senin pagi (12/10) menggelar demo di PT Agricinal Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Tujuannya untuk meminta agar HGU PT Agricinal tidak diperpanjang dan sebagian eks lahan HGU itu diserahkan ke masyarakat. 5 Desa penyanggah tersebut, yaitu Desa Suka Negara Kecamatan Marga Sakti Sebelat, Desa Talang Arah Kecamatan Putri Hijau, Desa Suka Marindu Kecamatan Marga Sakti Sebelat dan Desa Suka Medan Kecamatan Marga Sakti Sebelat.
Salah seorang Korlap aksi demo, Sakauni (56) mengatakan, bahwa aksi yang dilakukan ini berdasarkan 3 tuntutan yang diminta oleh 5 desa penyanggah tidak dipenuhi pihak PT Agricinal.
“Intinya kami masyarakat 5 Desa penyangga melakukan aksi, dikarenakan PT Agricinal akan perpajang HGU, dan masyarakat ingin sebagian tanah yang di HGU PT Agricinal dikembalikan ke masyarakat Desa Penyanggah,” ungakapnya.

Sementara itu, Kapolres BU, AKBP Anton Setyo Hartanto SIK MH yang langsung turun dalam aksi tersebut menuturkan, bahwa aksi demo ini berlangsung kondusif dan bisa dikendalikan. Pasalnya, masalah ini sudah dilaksanakan mediasi dan masyarakatpun sudah membubarkan diri. Dimana pada intinya masyarakat desa penyanggah mempertanyakan permintaan mereka atas lahan HGU PT Agricinal yang sudah habis masa berlakunya.
“Aksi berlangsung damai dan kondusif, dan masyarakat sudah bubar lantaran sudah dilaksanakan mediasi. Yang jelas demo nggak ada istilah kesan anarkis,” tukasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*