PSM Kaur Diminta jadi Ujung Tombak Pencegahan Covid-19

Airullah/BE
BIMTEK: Dinsos Kaur saat mengelar Bimtek peningkatan kemampuan PSM dalam menghadapi pandemi Covid-19 di aula Ponpes Marhalawustho Padang Kempas Kecamatan Kaur Selatan, dan foto bersama, Selasa (1/12).

BINTUHAN,BE – Penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di wilayah Provinsi Bengkulu, khususnya Kabupaten Kaur, masih memprihatinkan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kaur mengajak kepada Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), agar menjadi ujung tombak pemerintah dalam memutus mata rantai penularan virus Covid-19 ini.

“Keberadaan PSM ini sangat berpengaruh ditengah masyarakat dalam mensosialisasikan pencegahan Covid-19. Karena, PSM ini langsung bersentuhan dengan masyarakat,”kata Kepala Dinas Sosial Kaur Sidarmin Tetap M Pd, saat membuka kegiatan peningkatan kemampuan PSM dalam menghadapi pandemi Covid-19 di aula Ponpes Marhalawustho Padang Kempas Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (1/12).

Dikatakan Sidarmin, dimasa pandemi saat ini. PSM yang tersebar di seluruh Kabupaten Kaur ini harus memberikan dukungan psikososial bagi masyarakat terdampak Covid-19. Dimana keberadaan PSM yang berjumlah sekitar 200 orang ini diharapkan menjadi penggerak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya dalam menerapkan protokol kesehatan.

“PSM ini bisa mensosialisasikan kepada masyarakat agar patuh protokol kesehatan. Terutama disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan agar kita terhindar dari Covid-19,”ujarnya.

Selain itu, Sidarmin juga mengharapkan para PSM bisa bersikap dinamis dan membaur dengan masyarakat sehingga fungsinya sebagai pelaksana dalam bidang kesejahteraan sosial bisa dilaksanakan dengan baik. PSM juga didorong memiliki kinerjan yang dapat mengupayakan pengentasan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

“Melalui kegiatan ini saya harap para PSM ini dapat menjalankan tugasnya semaksimal mungkin. Juga PSM kita harapkan menjadi motivator bagi masyarakat setempat sehingga memiliki semangat untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” harapnya. (618)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*