Proyek Perumda Benteng Senilai Rp 30 M Mulai Dikerjakan


Bakti/BE
MULAI : Direktur Perumda Air Minum Tirta Rafflesia, Siti Yuningsih AZ SE MH saat menghadiri titik nol pengerjaan proyek optimalisasi SPAM di Desa Datar Lebar, Kecamatan Taba Penanjung.

BENTENG,bengkuluekspress.com – Kegiatan optimalisasi sistem penyediaan air bersih (SPAM) di Desa Datar Lebar, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mulai dikerjakan. Proyek dari dana bantuan Bank Dunia melalui program NUWSP dengan total anggaran mencapai Rp 30,464 miliar tersebut sudah dilakukan titik nol.
“Saat ini, pekerjaan yang dilakukan masih berupa pembersihan wilayah sekitaran Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Desa Datar Lebar,” kata Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Rafflesia Kabupaten Benteng, Siti Yuningsih AZ SE MH.

Dikatakan Siti, ada 4 (empat) item pekerjaan yang akan direalisasikan. Yaitu, pembuatan bak penampungan (intake) kapasitas 20 liter perdetik di tepi sungai, penambahan IPA dengan kapasitas 20 liter perdetik, reservoier atau bak penampungan air bersih dengan kapasitas 300 meter kubuk serta pemasangan jaringan distribusi utama (JDU) dari Desa Datar Lebar sampai ke Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat.
Informasi didapat, selain dana bantuan dari Bank Dunia, pemasangan JDU dilakukan dengan menggunakan sumber dana yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng.
“Dengan adanya JDU, air bersih dari Datar Lebar nantinya bisa disalurkan ke sambungan rumah (SR) atau pelanggan yang bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Talang Empat dan Kecamatan Karang Tinggi. Kami tak akan lagi menggunakan air dari Sungai bengkulu,” tambah Siti.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*