Proyek Perbaikan Jalan Dipangkas

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Ratusan link jalan yang masuk dalam daftar perbaikan di Kota Bengkulu tahun 2019 ini tampaknya harus dikurangi. Sebab, untuk mengerjakan perbaikan jalan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu mengaku kekurangan dana.

“Dana Alokasi Umum (DAU) tersedia hanya Rp 23 miliar, sedangkan jumlah jalan yang akan diperbaiki ada ratusan. Setelah kami hitung ulang, itu membutuhkan dana Rp 95 miliar. Maka solusinya kami lakukan pengurangan link-link jalan melalui APBDP nanti,” kata Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu, Beni Irawan, kemarin (2/7).

Agar proyek ini tetap terlaksana, pihaknya akan melakukan perombakan daftar perbaikan jalan dan dikurangi sesuai dengan anggaran Rp 23 miliar tersebut. Jalan tersebut akan dikerjakan setelah pembahasan APBDP 2019 yang dibahas pada bulan Juli ini.

Ratusan perbaikan jalan tersebut merupakan hasil usulan dari Musrenbang, kemudian hasil reses anggota DPRD, maupun usulan secara langsung dari pihak RT ke Dinas PUPR. Hal ini membuktikan meski program 1000 jalan mulus sudah over load, namun masih banyak jalan di kota yang belum diperbaiki, sehingga Pemkot harus melakukan secara bertahap.

Oleh sebab itu, sebelum jumlah ini dipangkas maka pihaknya juga akan melihat kembali jalan-jalan mana saja yang harus diprioritaskan dan mana yang harus ditunda. “Artinya sebagian besar disebabkan kekurangan anggaran,” jelasnya.

Meski proyek ini baru akan dikerjakan pada triwulan ketiga 2019, namun pihaknya optimis dengan sisa waktu yang kurang dari 6 bulan lagi proses ini bisa berjalan jalan dan realisasi pekerjaan berjalan dengan baik.  “Kalau waktu untuk peningkatan kualitas jalan hotmix memakan waktu sekitar 3 bulan selesai,” pungkasnya. (805)