Proyek DAK Dimulai September

Foto : Plt Kepala Dikpora Benteng, Saidirman SE MSi

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Kucuran dana alokasi khusus (DAK) pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) diprediksi baru akan dimulai pada awal bulan September 2019.

Hal ini terjadi karena pengajuan anggaran DAK memang sedikit lambat dan belum tersalurkan sampai saat ini.
“Sampai hari ini (kemarin,red), realisasi DAK belum ada. Sebab, anggarannya memang belum cair,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Dikpora Benteng, Saidirman SE MSi, kemarin (11/8).

Mempercepat proses pencairan, kata Saidirman, pihaknya sudah menyampaikan berkas pengajuan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng untuk diproses lebih lanjut.

“Sebenarnya tak ada kendala. Hanya saja, proses pengajuannya memang lama. Diprediksi, awal bulan September seluruh paket proyek fisik yang menggunakan DAK sudah dimulai,” tambah Saidirman.

Meskipun pengerjaan proyek sedikit lamban, Saidirman menegaskan bahwa semua pembangunan akan terealisasi secara tepat waktu dan terserap 100 persen.

“Kontrak kerja proyek berkisar antara 90-120 hari kerja. Menyisahkan waktu yang ada, kami optimis semuanya selesai diakhir tahun,” jelasnya.

Secara keseluruhan, Saidirman mengungkapkan, Dinas Dikpora Kabupaten Benteng pada tahun ini mendapat pagu DAK senilai Rp 20 miliar. Anggaran tersebut tersebar ke sejumlah sekolah, yaitu 32 sekolah dasar (SD) dan 30 sekolah menengah pertama (SMP).

“Selain proyek fisik (bangunan,red), dari total pagu DAK juga tersedia dana untuk pengadan perangkat komputer sebanyak 180 unit dan tersebar di 8 SMP di Kabupaten Benteng,” pungkas Saidirman.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*