Proyek Alur Sungai Tak Kunjung Dimulai

ilustrasi alur sungaiSEMIDANG ALAS MARAS, BE –  Hingga kini, pekerjaan pelurusan alur sungai Alas di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) tak kunjung dikerjakan. Padahal, proyek tersebut sudah diprogramkan melalui TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dengan anggaran Rp 6 miliar.
“Sampai detik ini tak ada tanda-tanda sebuah pekerjaan di SAM tersebut. Padahal saat ini telah masuk musim penghujan dan beberapa desa di Kecamatan SAM akan terkena banjir akibat luapan Sungai Alas,” terang anggota DPRD Seluma Dapil IV, H Midin Ahmad SE MM.
Selain itu, jika memang akan dikerjakan tahun ini maka silahkan melakukan perencanaan dan pemantauan lokasi yang menjadi titik pekerjaan nantinya. Serta dapat  melibatkan masyarakat dalam pengerjaannya. Karena masyarakat di sepanjang alur Sungai Alas yang mengetahui daerah mana saja yang sering tekenda dampak banjir akibat luapan Sungai Alas.
“Pembagunan dan pelurusan suangi nantinya juga melibatkan warga sehingga titik mana yang rawan akan banjir diketahui dan dilokasi tersebut dapat dikerjakan,” terangnya.
Diharapkan, katanya, dengan kerjasama dengan warga ini  TNI dari Kodim 0425 Seluma justru mengerjakan titik alur yang selama ini airnya tidak pernah meluap. Sehingga tidak membantu dan pekerjannya tidak berguna. Tapi karena yang terpenting adalah alur yang selama ini airnya sering meluap dan merendam desa. Seperti yang terjadi saat musim penghujan pada akhir  tahun 2012 lalu. Sementara itu, wargapun juga telah bertanya-tanya akan kelangsungngan proyek yang telah terdapat dalam APBD kabupaten Seluma tahun 2013 ini.
“Mestinya kegiatan ini dapat bekerja dalam waktu dekat. Namun kita menduga saat ini pihak TNI masih dalam perencanaan saja,” terangnya.
Dijelaskan, menegaskan bahkan dari informasi yang diterimanya kalau Pemkab Seluma menambah anggaran sebesar Rp 2 miliar lagi. Sehingga total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 8 miliar untuk pekerjaan pelurusan alur sungai Alas. (333)